IPAU Gelar Pelatihan Menulis Kreatif Untuk Generasi Muda Aceh

0

Banda Aceh | Liputanaceh.com – Ikatan Pemuda Aceh Utara (IPAU) menggelar pelatihan menulis kreatif untuk generasi muda Aceh. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan gerakan literasi di kalangan muda-mudi di Asrama Putra paguyuban tersebut, Sabtu (4/1/2020).

Pelatihan ini diberikan oleh dua pemuda asal Aceh Utara yang baru saja memenangkan Lomba Menulis Aceh Hebat beberapa waktu lalu, di memenangkan: Hayatullah Pasee, peraih Juara I kategori Warga Jurnalis dan Zulkarnaini Masry, peraih Juara II kategori Jurnalis.

Dalam pemaparannya, Hayatullah Pasee mengatakan, memberi dapat memberi banyak manfaat, mulai dari mendapat uang, memiliki peluang jalan-jalan gratis, menjadi populer, menghilangkan stres, dan sebagainya.

Ia menambahkan, mulanya menulis memang perlu dipaksakan dengan cara meluangkan waktu untuk itu, tidak menunggu waktu luang.

“Jika selama ini ada yang mempertimbangkan menulis karena bakat itu adalah mitos. Sejatinya, ini merupakan keterampilan yang bisa diasah dengan terus melatih, ”katanya.

Ia menyontohkan beberapa penulis terkenal yang bukan terlahir dari keluarga penulis yang dapat dikembangkan dengan terus berkarya. Itu berarti, setiap orang memiliki potensi untuk menulis pandai.

Sementara itu, Zulkarnaini Masry menyampaikan hal yang bisa diangkat sebagai ide tulisan, mulai dari kisah hidup pribadi, tentang persahabatan, hingga tema-tema kampus. “Tulislah apa yang sedang dipikirkan, tak perlu lama pikirkan tentang apa yang mau ditulis dan jangan jadikan itu beban,” ungkapnya.

Ketua Panitia, Martin An-Nasai mengatakan, acara ini untuk meningkatkan semangat literasi serta keterampilan menulis tentang pemuda Aceh, khususnya Aceh Utara.

Pengurus asrama IPAU yang sengaja mengundang pemateri lokal sebagai upaya silaturahmi dengan pemuda asli paguyuban yang memiliki potensi besar dan prestasi.

“Kali ini kita sengaja mengundang pemuda asli Aceh Utara sebagai pemateri, mereka adalah anak muda yang telah menoreh banyak prestasi selama ini untuk memberikan kami inspirasi,” katanya.