Iran Negara Gagal Pasca Mendapatkan Sanksi Washington

0

INTERNASIONAL I LA -Donald John Trump selaku presiden Amerika Serikat menyebutkan Iran sebagai negara gagal dan ini terlihat pasca negara tersebut oleh Washington memberlakukan sanksi yang luar biasa kuat pada tahun lalu.

Hal itu disampaika penilaian Presiden Amerika Serikat (AS) itu terhadap kondisi negara para Mullah tersebut.

Selanjutnya, Pemimpin Gedung Putih itu mengatakan hal-hal dapat berubah dengan cepat bila ada pembicaraan dengan para pemimpin di Teheran.

“Ketika saya menjadi presiden, Iran adalah negara yang benar-benar teror. Mereka masih dan tak terbantahkan menjadi juara teror,” kata Trump kepada wartawan sebelum mengadakan pembicaraan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Caen, Prancis barat.

Trump menambahkan sebagaimana dikutipĀ Al Jazeera, Jumat (7/6/2019) mengatakan mereka gagal sebagai sebuah bangsa, tetapi dirinya tidak ingin mereka gagal sebagai sebuah bangsa. Kita dapat membalikkan itu dengan sangat cepat, tetapi sanksi-sanksi itu luar biasa (dalam hal) betapa kuatnya itu.

Macron dan Trump menekankan bahwa mereka tidak ingin Iran memperoleh senjata nuklir. Macron mengatakan Prancis dan AS juga ingin mengurangi program rudal balistik Iran dan mencapai perdamaian di kawasan Timur Tengah.