Jalan Rusak dan Makam Pahlawan Cut Meutia Tak Terawat

0
274

1632309Makam-Cut-Meutia780x390

ACEH UTARA — Jalan menuju makam pahlawan Cut Meutia di ujung Krueng Keureuto, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara, rusak parah.

Selain itu, kondisi makam tidak terawat dengan baik. Saat ini, kondisi jalan tersebut tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Bahkan, dengan kendaraan roda dua pun jalan sulit dilalui.

Kondisi jalan berlumpur dan sebagian besar sudah longsor. Untuk menuju ke kompleks makam itu, pengunjung bisa menggunakan rute dari Desa Alue Bungkoh, Kecamatan Pirak Timu, Aceh Utara.

Jarak antara Alue Bungkoh ke makam Cut Meutia sekitar lima jam dengan berjalan kaki. Selain itu, tangga kayu dari kaki bukit menuju makam sudah sangat keropos sehingga dikhawatirkan patah.

Salah seorang warga di lokasi tersebut, Abu Bakar, meminta Pemerintah Aceh Utara memperbaiki jalan sepanjang tujuh kilometer menuju makam tersebut sehingga masyarakat yang berkunjung mudah untuk menuju makam itu.

“Selain itu, perlu diperbaiki pula kompleks makam. Jangan sampai makam pahlawan nasional itu dibiarkan begitu saja,” ujar Abu Bakar kepada Kompas.com, Selasa (10/11/2015).

Dia menyebutkan, setiap tahun pihak kecamatan mengusulkan pembangunan jalan menuju makam tersebut.

Namun, sampai saat ini, belum ada realisasi pembangunan jalan menuju makam pahlawan nasional itu.

“Kita selalu bilang bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya. Ini dengan kondisi begini, apakah kita bangsa yang menghargai pahlawan,” kata dia. (kompas.com)

BAGIKAN

KOMENTAR