Jasdam IM  Tim  Penilai Ujian Kenaikan Sabuk Yong Moodo

0
37

ACEH UTARA | LA – Sebanyak 138 prajurit dari Batalyon Raider Khusus 111/Karma Bhkati, Yonif Raider Khusus 113/Jaya Sakti dan Batalyon Denarhanud Rudal-001 mengikuti ujian  kenaikan sabuk Yong Moodo dari sabuk Coklat ke sabuk Merah bertempat di Mako Brigif 25/ Siwah, Gampong Blang Aman, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara. Jum’at (9/2/18).

Pada pelaksanaan ujian kenaikan sabuk tingkat Yong Moodo ini diawasi langsung oleh tim dari  satuan Jasdam Iskandar Muda yang diketuai  Mayor Inf M. Isnaeni, sedangkan yang bertindak sebagai penguji yaitu Sertu Nurkholis, dan Sertu Reki Okanda yang memiliki kualifikasi DAN 3 sabuk hitam Yong Moodo.

Kajasdam Iskandar Muda Kolonel Arm Ery Revlisa melalui Mayor Inf M. Isnaeni mengatakan, kemampuan bela diri Yong Moodo memang sangat penting bagi seluruh prajurit TNI AD, ini juga merupakan program dan kebijakan dari komando atas yang mengharuskan seluruh Prajurit TNI AD  mempunyai kualifikasi DAN 1 sabuk hitam Yong Moodo, dan ini juga salah persyaratan wajib bagi prajurit untuk melaksanakan Uji Kenaikan Pangkat (UKP).

Lanjut Mayor Inf M. Isnaeni, Bela diri ini sangat bermanfaat bagi prajurit selain untuk menjaga diri juga dapat untuk meningkatkan kesehatan. Seorang Prajurit TNI-AD tidak hanya mengerti namun dituntut untuk mampu dan mahir dalam semua gerakan yang ada pada bela diri Militer Yong Moodo.

Ketua tim menjelaskan, adapun materi yang diujikan untuk menyandang sabuk merah diantaranya yaitu, Gibonjase ( Kuda-Kuda Dasar ),  Son chigi ( Pukulan ), Makgi ( Tangkisan ), Balchagi ( Tendangan ), Nakbob ( Jatuhan ), Son gysul ( Kuncian ), Mom gysul ( Bantingan ), Yonghobob ( Pernafasan ), Gibon Sasu ( Rangkaian Gerakan ) dan Fighting ( Materi pertandingan Perkelahian ).

“ Keseluruhan materi yang diujikan merupakan suatu rangkaian kegiatan dan dijadikan dasar untuk menentukan apakah seseorang layak memperoleh sabuk merah Yong Moodo,” katanya.

Sambung ketua tim,  dari keseluruhan prajurit yang mengikuti ujian kenaikan tingkat tersebut mayoritas sudah memenuhi kriteria penilaian untuk naik ke sabuk Merah, selanjutnya para prajurit akan mengikuti  ujian kenaikan  DAN 1 sabuk hitam yang pelaksanaannya di Jasdam Iskandar Muda pada bulan Maret 2018.

“ Seluruh prajurit yang mengikuti ujian kenaikan tingkat tersebut mayoritas sudah memenuhi kriteria penilaian untuk naik ke sabuk Merah, selanjutnya mereka akan mengikuti  ujian kenaikan  DAN 1 sabuk hitam yang akan dilaksanakan di Jasdam IM pada bulan Maret 2018,” tutup Ketua tim Mayor Inf M. Isnaeni.** (IK)

BAGIKAN

KOMENTAR