Jelang Hari Pahlawan, Seniman Bikin Lukisan Mikro Bung Tomo Pakai Rambut

0
332

download (9)

PASURUAN – Jelang Hari Pahlawan, seorang seniman asal Pasuruan, Jawa Timur, melukis Bung Tomo, salah satu pejuang kemerdekaan. Uniknya, lukisan itu dibuat menggunakan rambut si pelukis dan ukuran lukisan itu sangat mini.

Dia adalah Jupri Abdullah (50). Dengan menggunakan rambutnya sebagai kuas, ia berhasil menggambarkan Bung Tomo melakukan pekik kemerdekaan untuk memberikan semangat kepada masyarakat dalam menumpas penjajah.

Seniman yang tinggal di Dusun Sejo, Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, ini semula memotong pucuk rambutnya yang gondrong. Kemudian pucuk rambut itu ia bentuk sedemikian rupa menjadi kuas.

Hal unik lainnya, lukisan tersebut hanya berukuran 1×1 sentimeter (cm) atau biasa disebut lukisan mikro. Sehingga, butuh kehati-hatian dan kesabaran dalam membuat lukisan itu.

Dikarenakan ukuran lukisan yang begitu mini, pelukis eksentrik ini menggunakan alat bantu kaca pembesar untuk mempermudah melukis wajah Bung Tomo agar kelihatan sempurna.

Menurut Jupri, lukisan Bung Tomo karyanya sebagai kado dalam memperingati Hari Pahlawan pada 10 November. “Selain itu juga bertujuan memberikan semangat kepada pemuda khususnya, bahwa NKRI harga mati,” ujar Jupri.

Selain Bung Tomo, Jupri juga punya lukisan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di rumahnya. Kuas untuk melukis orang nomor satu itu Tanah Air itu juga terbuat dari rambutnya sendiri.

Ada juga lukisan presiden keempat RI Gus Dur dan mantan Kapolri Jenderal Sutarman. Sementara untuk tokoh dunia, dia melukis Presiden Amerika Serikat Barack Obama. (okezone.com)

BAGIKAN

KOMENTAR