Jelang Pemilihan Keuchik Langsung Serentak, Muspika Ingin Jaya Gelar Deklarasi Damai

0

ACEH BESAR | LA– Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Ingin Jaya menggelar Deklarasi Damai menjelang Pemilihan Keuchik Langsung Serentak (Pilchiksungtak) se-kabupaten Aceh Besar yang akan berlangsung pada 5 agustus 2019, di aula kantor camat Ingin Jaya, Aceh Besar, 24/7/19.

Camat Ingin Jaya, M. Kamil Zuhri, S. STP, M. Si ketika memberikan arahan menjelaskan bahwa kegiatan ini sengaja dilakukan menjelang Pilchiksungtak, dan diharapkan agar berdampak positif nantinya. “Deklarasi damai kali ini kita adakan pada level kecamatan, dengan harapan agar para peserta pemilihan bisa mengerti akan pentingnya menjaga stabilitas keamanan nantinya pada hari pencoblosan sampai selesai”.

Kamil juga menambahkan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Polsek serta Koramil dalam hal pengamanan. “Kita sudah musyawarah bersama Kapolsek dan Danramil, pada hari H nanti kita akan berkeliling memantau dan mengawasi proses pemilihan ke 14 gampong yang mengikuti pemilihan”.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Polsek Ingin Jaya, Iptu Tri Andi Dharma, S. Sos, ia mengatakan bahwa pihaknya beserta Koramil akan menerjunkan tim pengamanan di setiap desa ketika pemilihan berlangsung. “Kami (polsek), juga tim dari Koramil nanti akan memerintahkan anggota untuk pelakukan pengamanan di 14 gampong yang mengikuti pilchiksungtak, mulai dari pemilihan hingga proses penghitungan suara selesai”.

Ia juga berharap, kepada seluruh warga, partisipan maupun calon keuchik agar bisa melaksanakan pichiksungtak secara kondusif, rahasia, jujur dan adil. “Kita berharap agar warga bisa bersama-sama menjaga stabilitas keamanan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan, dan semoga pemilihan kali ini berlangsung sukses”.

Pada akhir kegiatan, Puluhan bakal calon keuchik se-kecamatan Ingin Jaya yang hadir, melakukan deklarasi damai dengan menandatangani spanduk deklarasi damai, turut serta pihak Muspika Ingin Jaya.

Sebelumnya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakab Aceg Besar, Abdullah S.Sos pada hari selasa (16/7/19) menjelaskan, bahwa sebanyak 171 gampong dari total 604 gampong di Aceh Besar nantinya akan mengikuti Pemilihan Keuchik Langsung Serentak (Pilchiksungtak) yang tersebar di 21 kecamatan di kabupaten Aceh Besar.

Berikut 21 kecamatan yang akan melaksanakan Pilchiksungtak kabupaten Aceh Besar tahun 2019
– Kecamatan Darussalam sebanyak 8 gampong
– Kecamatan Mesjid Raya sebanyak 3 gampong
– Kecamatan Suka Makmur sebanyak 17 gampong
– Kecamatan Montasik sebanyak 14 gampong
– Kecamatan Kuta Cot Glie sebanyak 16 gampong
– Kecamatan Kota Jantho sebanyak 5 gampong
– Kecamatan Simpang Tiga sebanyak 4 gampong
– Kecamatan Lhoknga sebanyak 5 gampong
– Kecamatan Krueng Barona Jaya sebanyak 3 gampong
– Kecamatan Baitussalam sebanyak 8 gampong
– Kecamatan Lhoong sebanyak 6 gampong
– Kecamatan Peukan Bada sebanyak 11 gampong
– Kecamatan Kuta Malak sebanyak 12 gampong
– Kecamatan Ingin Jaya sebanyak 14 gampong
– Kecamatan Darul Kamal sebanyak 3 gampong
– Kecamatan Kuta Baro sebanyak 9 gampong
– Kecamatan Blang Bintang sebanyak 5 gampong
– Kecamatan Seulimuem sebanyak 5 gampong
– Kecamatan Pulo Aceh sebanyak 3 gampong, dan
– Kecamatan Indrapuri sebanyak 14 gampong.