Jelang Ramadhan, Masyarakat Alue Padee Santuni Anak Yatim dan Fakir Miskin

0
186
Masyarakat Alue Pade Santuni Anak Yatim dan Fakir Miskin. Foto: Liputanaceh
Masyarakat Alue Pade Santuni Anak Yatim dan Fakir Miskin. Foto: Liputanaceh
Masyarakat Alue Pade Santuni Anak Yatim dan Fakir Miskin. Foto: Liputanaceh

Abdya | LA – Masyarakat Gampong Alue Padee, Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melaksanakan pemberian santunan bagi anak yatim, piatu dan fakir miskin menjelang tibanya bulan suci ramadhan, Sabtu, 21 Mei 2017. Acara tersebut dilaksanakan di komplek Mesjid At-Taqwa, dengan menyantuni sejumlah 15 orang anak yatim, 5 piatu dan 32 orang fakir miskin. Selain masyarakat Alue Padee juga hadir Imum Mukim, Dewan Dakwah Abdya dan undangan lainnya.

Fakhrul Razi, S.Pd.I selaku Ketua Panitia yatim menyampaikan, acara santunan ini merupakan kegiatan rutin masyarakat Desa Alue Padee. “Santunan ini kita lakukan 3 kali setahun, yaitu menyambut Ramadhan, hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha. Acara santunan dilaksanakan siang hari yang ditutup dengan ceramah pada malam harinya,” jelasnya.

Selain itu, Keuchik Gampong Alue Padee, Muhammad Rasyid mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan panitia yatim tersebut. “Partisipasi masyarakat Alue Padee dalam kegiatan ini sangat baik, semua ikut terlibat. Kami selaku Pemerintah Gampong sangat bersyukur dan senang hati dapat melaksanakan santunan rutin ini,”  ungkapnya.

Malam harinya, rangkaian kegiatan santunan dan menyambut bulan ramadhan ini dilaksanakan ceramah agama oleh Mubaligh Tgk. DR. Hasanuddin Yusuf Adan, MA, M.C.L yang merupakan Dosen UIN AR-Raniry, yang juga Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh. “Santunan anak yatim, piatu dan fakir miskin yang rutin ini merupaakn kegiatan mulia yang dilakukan masyarakat ALue Padee. Ini merupakan akhlak rasulullah dan perintah Allah. Jika ada masyarakat suatu kampung yang tidak peduli dengan anak yatim, maka satu desa berdosa,” jelas dia.

Dia pun  meminta kepada masyarakat agar memanfaatkan moment jelang ramadhan denagn sebaik-baiknya. “Harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, dengan menjaga shalat, puasa dan ibadah-ibadah yang nilainya begitu tinggi di bulan ini,” harap dia.

Imam mesjid At-Taqwa Alue Padee Tgk. Maizami, S.Ag dalam kesempatan ini juga mengumumkan jadwal 1 ramadhan 1438 H berdasarkan edaran hitungan Hisab Muhammadiyah jatuh pada hari sabtu tanggal 27 Mei 2017 dan Idul Fitri 1 Syawal jatuh pada hari Ahad 25 Juni 2017. (IK)

BAGIKAN

KOMENTAR