Jemaah An-Nazir dan Tarekat Naqsyabandiah Padang Berlebaran Hari Ini

0

NASIONAL I LA– Jemaah An Nazir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah hari ini, Senin, (3/6/2019).

Kelompok ini melakukan lebaran lebih awal dari pengumuman resmi pemerintah. Mereka menetapkan 1 Syawal berdasarkan perhitungan bulan dan pertanda alam.

“Berdasarkan perhitungan bulan yang diperkuat dengan pertanda alam seperti puncak pasang air laut maka kami menetapkan satu syawal jatuh pada hari ini (3/6),” kata Samiruddin Pademoi usai memimpin shalat Idul Fitri.

Sementara itu Jemaah Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat telah merayakan Idul Fitri hari pada hari Senin(3/6/2019)

Pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Padang Syafri Malin Mudo menjelaskan mereka sudah menjalankan ibadah puasa selama 30 hari. Menurut Syarif, mereka memulai puasa terlebih dahulu.

“Lebarannya tanggal 3 (Juni), karena puasa kami sudah 30 hari. Kami memulai memang lebih awal, sesuai hisab yang sudah turun temurun,” kata Syafri, Minggu (2/6/2019).

“Puasa kami tetap 30 hari. Walaupun naik, walaupun turun. Kenapa puasa 30 hari? Karena kata Rasulullah, siapa yang puasa 30 hari dan 6 hari syawal, maka sama dengan puasa 1 tahun,” imbuh dia