Kades Mata Ie : Pencapaian Pembangunan Desa Tidak Terlepas dari Dukungan Masyarakat

0

ABDYA |LA– Pemerintahan Desa Mata Ie, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya optimalkan penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) 2018 untuk pembangunan infrastruktur desa.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa setempat Nasruddin AR saat menunjukan sejumlah lokasi pencapaian pembangunan di desanya kepada pewarta, Rabu (2/1/2019).

Kepala Desa yang akrab dengan panggilan nama Tgk Nas ini menyebutkan, pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan oleh Pemerintahannya antara lain, pengerasan jalan, pembuatan tanggul, pembuangan saluran air, dan pembangunan Taman Layak Anak.

“Taman ini akan kita lengkapi dengan berbagai Alat Permaian Edukatif (APE), dan untuk barangnya sudah kita pesan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, infrastruktur tersebut dibangun sebagai bentuk implementasi terhadap pembangunan desa yang selaras dengan kebutuhan, aspirasi dan hak-hak anak. Rencananya, di area taman itu nantinya akan dibangun gedung PAUD, tempat pemandian anak lengkap dengan Gazebo keluarga (tempat nongkrong) yang rindang dan asri. Ia mewacanakan ke depan lokasi itu akan ramai dikunjungi oleh warga, baik dari dalam maupun luar daerah, sehingga bisa menjadi aset pemasukan desa.

Disinggung tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Tgk Nas menerangkan bahwa Desa Mata Ie juga telah memiliki sumber profit berupa penyewaan tratak, perlengkapan PKK, dan usaha Simpan Pinjam yang saat ini telah mencapai angka Rp. 141 Juta.

Dalam paparannya Tgk Nas menandaskan, semua pembangunan yang telah tercapai di desanya itu tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat. Menurutnya dalam program pembangunan desa masyarakat bukan hanya sebagai penentu keputusan, melainkan juga sebagai sumber identifikasi, sehingga dalam penggunaan dan pengelolaan ADD menjadi tepat sasaran dan rill dengan kepentingan masyarakat itu sendiri.

Heri Purwanto