Kadinkes Aceh Selatan: Kasus Covid-19 Meningkat, Boleh Isolasi Mandiri atau Difasilitasi Pemda

0
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan, Novi Rosmita, S.E, M.Kes,.

Tapaktuan | Liputanaceh.com – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Selatan, Novi Rosmita, S.E, M.Kes., menyebutkan Pelonjakan kasus postiv covid-19 sudah tinggi di semua daerah Aceh termasuk di Kab Aceh Selatan.

Menurut Novi terhitung sejak per tanggal 1 Agustus 2020, hingga berita ini tayang, Minggu (02/08/20)  sudah 17 orang yang terkomfirmasi covid-19, di Kabupaten Aceh Selatan.

Update data terakhir, 13 orang di isolasi/karantina mandiri, 3 orang selesai isolasi dan dinyatakan negatif dan 1 orang pasien meninggal dunia.

“Kita ambil hikmah dari semua kajadian ini, agar kita lebih berhati-hati, menjaga diri dan keluarga dari covid -19, apalagi sudah ada satu orang yang meninggal dunia karna positif covid-19,” kata Novi.

Perlu kita ketahui bersama, kata Novi, penyakit covid -19, terkonfirmasi positif ada yang bergejala dan yang tidak bergejala, atau sering disebut Orang Tanpa Gejala (OTG) tapi sudah terkonfirmasi positif.

Sekarang, lanjutnya, pada Pedoman Revisi ke 5 Keputusan Kementerian Kesehatan RI, Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020, Tentang Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Tanggal 13 July 2020, memperbolehkan untuk melakukan karantina/isolasi  mandiri di rumah. Pastinya dengan seluruh keluarga yang kontak juga harus melakukan karantina /isolasi mandiri.

“Tapi pemerintah juga diperbolehkan untuk menyiapkan tempat karantina /isolasi bagi OTG yang terkonfirmasi sesuai surat edaran Gubernur tertanggal 30 Juli 2020,” ujar Novi.

Novi juga menyampaikan, bagi masyarakat yang sudah terkonfirmasi positif namun tanpa gejala (OTG ), yang tidak mempunyai ruang yang memadai di rumah, atau tidak bisa melakukan karantina mandiri di rumah, yang membuat resah masyarakat setempat, Pemda  Aceh Selatan, melalui Gugus Tugas juga sudah menyiapkan tempat karantina/isolasi  yang ada di Panjupian.

“Artinya dua-duanya diperbolehkan, baik itu melakukan isolasi/karantina mandiri atau isiolasi/karantina difasilitasi oleh Pemda Aceh Selatan,” katanya.

“Sedangkan untuk RSUDYA, sekarang hanya merawat pasien positif covid-19 yang mempunyai gejala,” tambah Novi.

Novi juga mohon dukungan bagi yang sudah terkonfirmasi positif, agar menjaga ketenangan fikiran  dengan baik dan tidak panic atau minder, untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Karna penyakit covid -19 bukan aib, dan mari bersama-sama kita beri dukungan dan support agar mereka cepat pulih dan pada pemeriksaan selanjutnya hasilnya Negatif,” demikian Novi Rosmita.