Kala Pemuda Gampong Blang Dalam Merajut Ukhuwah dan Keteladanan di Balik Perayaan Maulid Nabi

0
105
MEUREUDU I LA- Ritualitas dengan nuansa religi mampu melahirkan nilai spritual dan kebersamaan bahkan bermacam energi dan nilai positif lainnya. Salah satu diantara fenomena yang telah mendarah daging dalam jiwa masyarakat Aceh itu dapat dilihat dari keunduri Maulid dalam rangka memperingati hari lahirnya baginda Nabi Muhammad SAW.

Fenomena di seremonial relegi itu juga ikut dirasakan dan berlangsung meriah serta penuh keakraban di Gampông Blang Dalam, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya, Minggu, 7 Januari 2018

Multi nilai yang dapat dipetik dari peringatan maulid yang dilaksanakan oleh masyarakat Gampong Blang Dalam yang terkenal dengan relegius dan telah banyak melahirkan muliti tokoh baik di bidang pendidikan, birokrat, pengusaha serta cendekiawan Islam maupun lainnya di gampong yang terletak di pingiran jalan negara Banda Aceh itu bahkan anda seorang foodies yang memanjakan lidah pasti akan teringat dengan sosok rumah makan dengan nama “Blang Dalam” milik putra gampong tersebut juga sekali menyantapnya seumur hidup pasti akan terkenang aromanya.

Perayaan melahirkan multi nilai ini seperti yang dikemukan salah seorang tokoh pemuda gampong tersebut.

“Alhamdulillah perayaan maulid tahun ini berlangsung sangat meriah dan terasa nilai religi yang jauh berbeda dari tahun sebelumnya bahkan nilai silaturrahmi dan ukhuwahpun terajut lewat acara semacam ini,” kata Teungku Jasman, S.Pd,I selaku bendahara pemuda gampong Blang Dalam kepada liputanaceh.com, disela-sela kesibukan di acara maulid tersebut.

Sementara Sekdes gampong Blang Dalampun mengapresiasi peringatan maulid nabi tahun ini di luar target baik jumlah hidangan maupun lainya sehingga termasuk salah satu perayaan terakbar dalam sejarah Blang Dalam itu sendiri.

“Alhamdulillah perayaan tahun ini termasuk diantara salah satu yang megah dalam sejarah Blang Dalam. Berbagai sesi acara di luar target dan bukan hanya itu maulid juga di hiasi menyantuni anak yatim piatu disamping di undang gampong tetangga juga para pejabat kabupaten termasuk bupati dan wakil bupati juga turut diundang. Ini semua hasil kerja keras para pemuda gampong selaku panitianya yang patut kita apresiasi disamping terima kasih tidak terhingga kepada mereka yang terlibat dalam menyukseskan maulid tahun ini” papar Mukhtar MA selaku Sekdes gampong tersebut dengan penuh semangat.

Kebersamaan dan keakraban gampông tetangga dalam menyantap hidangan sedekah masyarakat sangat terasa yang dirasakan oleh warga di seputaran Gampông Blang Dalam bahkan disini terjalin ikatan ukhuwah dan persatuan yang merupakan  nilai antropologi sosial budaya di balik serimonial dalam merajut persatuan masyarakat. Jadi sangat mereka yang tidak senang dengan Islam dengan berbagai macam topeng dan dalih di balik layar “memprovokasi” memvonis bid’ah dan menyesatkan perayaan maulid nabi Muhammad Saw walaupun usaha itu seperti sudah “gagal” bahkan merekapun “pembenci”pin terpaksa ikut merayakannya.

Bukan hanya itu rasa rindu kampung halaman dengan maulid nabi juga dirasakan oleh masyarakat perantau yang khusus pulang jauh dari perantauan. Di samping untuk melepaskan kerinduan terpendam kampung halaman juga untuk merajut kembali silaturrahmi dengan keluarga, tetangga dan menziarahi kuburan orang tua dan sanak keluarga.

“Momentum maulid ini banyak sekali nilai positif dan relegiusnya yang dapat dipetik, kami yang perantauan jauh telah mempersiapkan untuk pulang ke kampung halaman dalam rangka memperat silaturrahmi dengan orang tua, kerabat dan masyarkat sekitar, juga momentum untuk menziarahi kuburan para orang tua dan leluhurnya” ulas Tgk. Jasman yang juga dewan guru senior dayah Ummul Aiman Samalanga itu.

Ia  juga sangat berterima kasih terutama pemuda gampong Blang Dalam juga kaum tua dan perangkat gampong serta masyarakat yang ikut serta menyukseskan perayaan maulid tahun ini juga berharap dapat meneladani akhlak rasulullah Saw dalam kehidupan sehari-hari.

“Alhmadulillah dan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya perayaan kenduri maulid tahun ini dan terkhususnya para pemuda Blang Dalam dalam hal ini. Kita berharap dengan momentum mengharapkan nilai-nilai maulid Rasulullah dapat diaplikasikan di lapangan dalam meneledani sifat-sifat beliau dalam kehidupan sehari-hari,” kata sang pemuda yang aktif di bidang sosial dan keagamaan itu dengan penuh berharap.