Kalah Lagi, Chelsea Kian Terpuruk Dekati Zona Degradasi

0
338

chelsea-kesulitan-bobol-gawang-the-potters-lK0SV7J6qV

STOKE ON TORENT – Chelsea tertunduk lesu saat bertandang ke markas Stoke City dalam lanjutan Premier League pekan ke-12. The Blues dikalahkan The Potters dengan skor 0-1 lewat gol yang dicetak Marko Arnautovic pada menit 53.

Praktis dengan kekalahan ini menyudutkan posisi pelatih Chelsea, Jose Mourinho. Sebelumnya, ada berita menyebutkan nasib The Happy One –julukan Mourinho– ditentukan di dua laga Chelsea, yakni kontra Dynamo Kiev dan Stoke City.

Gagal mendapat angka seakan mendekatkan Mou dengan palu penghakiman. Saat ini Chelsea terdampar di posisi 16 dengan poin 11. Sementara Stoke naik ke tangga 12 dengan koleksi 16 angka.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Meski tak didampingi Jose Mourinho yang dilarang mendampingi timnya karena dihukum FA, Chelsea tampil trengginas di laga kali ini. Dimotori Eden Hazard, The Blues bermain terbuka dan mengurung pertahanan tuan rumah.

Pada menit 14, Chelsea mendapat peluang emas. Hazard berlari cepat menyisir sisi kanan pertahanan The Potters dan melepas umpan silang kepada Willian Borges. Sayangnya dalam posisi tak terjaga, winger asal Brasil tersebut justru menyodorkan umpan ke Ramires yang tembakannya masih melebar.

Tersentak dengan peluang yang dibuat tim tamu, Stoke membuat peluang matang tiga menit berselang. Glen Johnson hampir membuka skor, namun tendangannya masih dapat ditahan lewat penyelamatan gemilang kiper Chelsea, Asmir Begovic.

Selepas momen tersebut, Chelsea berturut-turut mendapat peluang lewat Ramires dan Kurt Zouma. Namun, peluang-peluang tersebut masih dapat diantisipasi dengan baik oleh Jack Butland.

Chelsea masih mendominasi jalannya laga dengan penguasaan bola mencapai 67 persen hingga menit 40. Sayangnya, Diego Costa serta kolega belum mampu peluang matang yang bisa menghasilkan gol.

Selang semenit kemudian, Costa membahayakan gawang Stoke usai memanfaatkan umpan Pedro Rodriguez. Sayangnya, tendangan pemain keturunan Brasil tersebut masih dapat ditahan Butland. Hingga wasit Anthony Taylor meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama, skor kacamata belum berubah.

Babak Kedua

Masih sama seperti babak pertama, Chelsea mendominasi jalannya laga. Namun, Stoke asuhan Mark Hughes sedikit mulai berani memainkan bola di lini tengah.

Terbukti babak kedua baru berjalan delapan menit, Stoke membuka skor lewat Marko Arnautovic. Lewat serangan balik cepat yang diprakarsai Johnson, mantan fullback Liverpool memberi umpan silang kepada Jonathan Walters.

Namun, bola tendangan Walters justru mengarah ke Arnautovic yang langsung menyambar si kulit bulat lewat tendangan gunting untuk membobol gawang Asmir Begovic, skor 1-0. Jika skor ini terus berlanjut, tentu menyudutkan posisi Mourinho yang berada di ujung tanduk.

Tak ingin sang pelatih terpental dari posisinya, Chelsea meningkatkan intensitas serangan. Pedro hampir menyamakan kedudukan andai saja tendangannya tak membentur tiang kanan gawang Butland.

Belum juga mencetak gol, Chelsea akhirnya memasukkan beberapa pemain bernaluri menyerang. Oscar dos Santos, Cesc Fabregas dan Loic Remy dimasukkan. Sementara Stoke justru merapatkan barisan dengan memasukkan Geoff Cameron untuk menggantikan Bojan Krkic.

Pergantian yang dilakukan Chelsea hampir berbuah gol pada menit 85 lewat pergerakan Remy. Menerima umpan dari Costa, mantan penyerang Newcastle tersebut sebenarnya berhasil melewati Butland. Namun, akibat hilang keseimbangan tendangannya tak sempurna dan masih di atas mistar gawang Stoke.

Selang beberapa menit atau jelang berakhirnya pertandingan, tendangan Oscar dari dalam kotak penalti masih dapat ditahan Butland. Selepas momen tersebut, tak ada peluang yang bisa dibuat kedua tim. Skor 1-0 untuk keunggulan Stoke bertahan hingga akhir laga.

Susunan Pemain:

Chelsea (4-2-3-1): Begovic; Azpilicueta, Zouma, Terry, Baba (Oscar 70’); Ramires (Loic Remy 77’), Matic; Pedro (Fabregas 70’), Willian, Hazard; Diego Costa.

Stoke (4-2-3-1): Butland; Johnson, Shawcross, Wollscheid, Pieters; Adam (Affellay’), Whelan; Shaqiri, Bojan (G. Cameron 71’), Arnautovic; Walters.

Hasil pertandingan lain pekan ke-12 Premier League:

Bournemouth 0-1 Newcastle United

West Ham United 1-1 Everton

Sunderland 0-1 Southampton

Norwich City 1-0 Swansea City

Manchester United 2-0 West Bromwich Albion.

(okezone.com)

BAGIKAN

KOMENTAR