Kapal Tanker Asing Diselamatkan Angkatan Laut Iran

0

INTERNASIONAL I LA – Angkatan laut Iran berhasil menyelamatkan sebuah kapal tanker asing. Hal ini sebagaimana diungkapkan Kementerian Luar Negeri Iran. Rabu, (17/7/2019).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi mengatakan, Angkatan Laut Iran menawarkan bantuan kepada sebuah kapal tanker asing yang mengalami kegagalan teknis di perairan teritorialnya.

“Berdasarkan peraturan internasional, setelah menerima permintaan bantuan mereka, pasukan Iran pergi ke lokasi dan kapal tanker asing ditarik oleh kapal penarik darurat menuju perairan Iran untuk proses perbaikan,” terang Mousavi seperti dikutip dari Al Jazeera, Rabu (17/7/2019)

Ia mengatakan pasukan negara itu telah membantu sebuah kapal tanker asing yang mengalami kegagalan teknis. Pernyataan itu muncul ditengah pertanyaan tentang keberadaan sebuah kapal berbendera Panama yang melintasi Selat Hormuz. Namun Mousavi tidak menyebutkan nama kapal tanker itu dan tidak menjelaskan lebih jauh.

Sebelumnya dilaporkan sebuah kapal tanker milik Uni Emirat Arab (UEA), Riah, yang berbendera Panama hilang saat menyeberang ke perairan Iran pada 14 Juli. Menurut TankerTrackers, layanan pelacakan pengiriman minyak online, pada saat itu sistem identifikasi otomatis kapal berhenti mengirim sinyal. Posisi terakhir Riah diketahui berada di lepas pantai Pulau Qeshm di Selat Hormuz.

SINDOWNEWS.COM