Kasdam IV/Dip Kunjungi Lokasi Pelaksanaan Bakti Sosial Satgas Pamtas Yonif Raider 408/Sbh

0

LIPUTANACEH.COM , – Kasdam IV/Dip Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa S.E., M.M. didampingi Dankolakops 161/WS Brigjen TNI Saiful Rachman S.E., M.M. mengunjungi lokasi pelaksanaan Bakti sosial Satgas Yonif Raider 408/Sbh di desa Tohe, Kec. Raihat Kab. Belu.

Kegiatan Bakti sosial kali ini terselenggara atas kerja sama Satgas Yonif Raider 408/Sbh, Kodim 1605/Belu, Polres Belu dan seluruh Komponen masyarakat Kab. Belu dengan Tema “Sinergitas di Tapal Batas Satgas Pantas RI – RDTL Yonif Raider 408/Sbh bersama Komponen Masyarakat Kab. Belu.

Dalam kegiatan Bakti sosial kali ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas Yonif Raider 408/Sbh antara lain Pengobatan gratis, sunatan massal, donor darah, pasar murah dan pembagian sembako kepada masyarakat di perbatasan. Kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat, hal ini ditandai dengan antusiasnya masyarakat perbatasan menghadiri kegiatan bakti sosial ini.

Dalam sambutannya Brigjen TNI Teguh Muji Angkasa S.E., M.M. mengatakan bahwa kehadiran Satgas Yonif Raider 408/Sbh bukan hanya untuk menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia akan tetapi kehadiran mereka berkewajiban membantu kesulitan masyarakat yang ada diperbatasan.

“Tugas pokok kita memang menjaga perbatasan, akan tetapi kita tidak boleh lupa, kita tidak boleh mengabaikan lingkungan yang ada disekitar tempat kita bertugas diantaranya adalah lingkungan yang kita tempati saat ini yaitu kec. Raihat. Lingkungan yang dimaksud adalah lingkungan bapak ibu semua dimana tempat kami bertugas,” ungkap Teguh.

“Kami akan terus membantu dan berupaya untuk bersinergi dengan kepolisian dan seluruh komponen masyarakat untuk melihat apa yang bisa kami lakukan untuk membantu bapak dan mama semua dalam melakukan aktifitas dan kegiatan sehari – hari yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan”,pungkasnya

“Kami juga akan terus membantu kesulitan – kesulitan yang ada di masyarakat dengan berbagai cara, salah satunya dengan melakukan kegiatan bakti sosial seperti yang kita lakukan saat ini”,tambahnya.

Kasdam IV/ Dip juga menuturkan bahwa  dirinya merasa sangat bangga lantaran dalam kunjungannya ke Satgas Yonif Raider 408/Sbh ini dapat menyaksikan langsung antusias masyarakat perbatasan yang begitu tinggi dalam merespon kegiatan Baksos yang diselenggarakan oleh Satgas ini.

“Saya Merasa sangat bangga dan terhormat bisa melihat banyaknya masyarakat yang begitu antusias bersama TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk sama-sama melakukan kegiatan  bakti sosial ini,” ungkap Kasdam.

Tercatat sebanyak 1.015 orang yang melaksanakan pengobatan umum, 78 orang melaksanakan sunatan dan 41 orang melaksanakan donor darah. Sementara untuk sembako terbagi sebanyak 1.155 paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat perbatasan.

Dalam kesempatan baksos tersebut Kasdam IV/Dip juga berkesempatan meninjau rumah seni Suhbrastha Gonzaga. Rumah seni ukiran kayu ini di prakarsai oleh Pos Turiskain Satgas Yonif Raider 408/Sbh bekerja sama dengan remaja gereja St Alousius Gonzaga. Rumah seni yang berlokasi di halaman gereja Alousius Gonzaga ini dibuat untuk membuka lapangan kerja bagi pemuda – pemuda yang ada di desa tohe.

“Ini akan menjadi peninggalan yang baik dan bermamfaat yang kalian berikan kepada masyarakat khusunya para pemuda di desa ini karena dengan adanya rumah seni ini akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat diperbatasan”, tutup Teguh.