Kecamatan Linge Diusulkan Pemekaran

0
63

ACEH TENGAH | LA – Warga kecamatan Linge, Kabupaten Aceh Tengah, merasakan bila ada kegiatan yang sifatnya melibatkan masyarakat secara keseluruhan di kecamatan tersebut tidak bisa diikuti dengan baik.

Menurut mareka salah satu penyebabnya adalah wilayah yang terlalu luas. Saat ini di Kecamatan Linge terdapat 26 kampung yang terbagi dalam 4 kemukiman, yaitu kemukiman Isaq, Gelung Prajah, Wihni Dusun dan Singah Mata.

Camat Kecamatan Linge, Jahidin menyebutkan khususnya warga kemukiman Wihni Dusun dan Singah Mata kerab menyampaikan kesulitan yang dihadapi tersebut.

“Seperti kegiatan pengajian yang dilaksanakan sekali dalam sebulan di tingkat kecamatan, selama ini hanya bisa dilakukan dan diikuti oleh Kemukiman Isaq dan Kemukiman Gelung Prajah,” ujar Jahidin, Kamis 25 Januari 2018 dalam kegiatan pengajian Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) dan Fuspita se-Kecamatan Linge bertempat di Dayah Raudhatul Ulum Kampung Gemboyah.

Menurut Jahidin jika tetap dilaksanakan pengajian yang melibatkan warga satu kecamatan, maka harus dilaksanakan waktunya lewat siang atau sore hari karena jauhnya jarak yang harus ditempuh warga.

Kegiatan pengajian tersebut juga dihadiri oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar yang disertai beberapa jajaran terkait, diantaranya Asisten Adm Pembangunan Amir Hamzah, Kepala BPBD Thamrin dan Plt Kadis PUPR Akmal.

Menanggapi permintaan sebagian masyarakat Linge terkait pemekaran Kecamatan, Bupati Aceh Tengah Shabela mengatakan sudah mulai berproses.

“DPRK juga sudah menghimpun informasi untuk menilai kelayakan berdirinya satu kecamatan hasil pemekaran Kecamatan Linge,” katanya.

Melalui dukungan semua pihak, Shabela yakin dalam waktu dekat Kecamatan pemekaran akan terwujud karena tujuannya adalah untuk mempermudah dan memperdekat pelayanan publik.

“Linge ini wilayahnya luas, tapi penduduknya sedikit, nanti kita cari strategi, misalnya membuat transmigrasi lokal yang tujuannya agar pemekaran kecamatan dapat terwujud segera,” kata Shabela. (MK/RD)

BAGIKAN

KOMENTAR