Kemenag dan Polda Aceh Bersinergi Tekan Penyebaran Wabah Corona

0

Banda Aceh| Liputanaceh.com- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg menggelar pertemuan dengan Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Wahyu Widada M Phil, Jumat, 7 Agustus 2020.

Kakanwil didampingi Kabag TU, Drs H Amiruddin MA dan para Kepada Bidang di Kanwil Kemenag Aceh.

Pertemuan yang berlangsung di ruang kerja Kapolda tersebut berlangsung dalam suasana penuh keakraban serta  tetap menerapkan protokol kesehatan.

Iqbal mengatakan, kunjungannya kali ini dalam rangka silaturrahmi sekaligus temu ramah dengan Kapolda Aceh.

Ini merupakan kunjungan perdana Iqbal ke Polda Aceh usai dilantik sebagai Kakanwil Kemenag pada Jum’at, 10 Juli lalu oleh Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi.

Dalam silaturrahmi ini, Kakanwil dan Kapolda sepakat untuk sama-sama mencegah penyebaran wabah Covid-19 di seluruh satuan kerja masing-masing.

Iqbal mengatakan, sejauh ini Kanwil Kemenag Aceh telah melakukan sosialisasi tentang penerapan protokol kesehatan di KUA, madrasah, pesantren, masjid dan penyuluh di KUA kecamatan.

“Kita sudah meminta jajaran kita di kabupaten/kota untuk mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan selama bekerja,” katanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas banyaknya kontribusi dan edukasi yang dilakukan Polda selama ini terhadap penanganan Covid-19 di Aceh.

Sementara itu, Irjen Pol Drs Wahyu Widada mengajak Kanwil Kemenag Aceh untuk sama-sama melakukan sosialisasi protokol kesehatan guna mencegah wabah Covid-19 di masyarakat.

Selain itu, Kapolda juga mengajak Kemenag Aceh untuk berkoordinasi terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di tingkat kecamatan, yaitu sinergitas antara Polsek dan KUA.

Sejauh ini, Kanwil Kemenag Aceh proaktif mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat. Selain itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19, Kanwil Kemenag Aceh juga telah menyediakan 274 westafel dan mendistribusikan 5.263 masker ke KUA seluruh Aceh, Kamis, 6 Agustus 2020.

Hal yang sama juga dilakukan ke seluruh madrasah di Aceh, mulai tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah, dengan pemberlakuan protokol penanganan kesehatan Covid-19.[]