Kepala Desa Tanjong Muling “Sunat” Dana APBG

0
98

ACEH UTARA|LA-LPI-TIPOKOR perwakilan Aceh Menemukan berita acara terkait dana Desa tahun 2016 di Desa Tanjong Mulieng Kecamatan Syamtalira Aron Kabupaten Aceh Utara yang dibuat berita acaranya oleh pihak Aparat Desa,

Angggota devisi investigasi, Amri mengatakan, Dalam isi berita acara tersebut bahwa pihak tuha puet melakukan pemeriksaan dana desa tahun 2016 yang pengguna anggaran tersebut adalah ,kepala Desa.

“Namun pada saat tuha peut melakukan pemeriksaan tersebut ternyata adanya dana silpa Tahun Anggaran 2016 sebesar Rp,198,884,000, tidak ada dalam rekening kas Desa, dan belum tersalurkan yang seharusnya diperuntukkan untuk modal BUMG,”ujar Amri, Sabtu 4 November 2017.

Menurut informasi yng di terima pihak Tipikor Dana tersebut sudah digunakan oleh Kepala Desa untuk Kepentingan Pribadi. Untuk Sementara Kepala Desa tanjong mulling sudah ada pengakuan dalam surat pernyataan tersebut bahwa benar dana tersebut sudah saya pakai untuk keperluan pribadi saya.

Dari pengakuan kepala Desa, Muzakkir ibrahim yang pada 11 april 2017 tersebut dalam hal ini diperkirakan kerugian Negara total RP.198,884,000. Pada tahun anggaran 2016..

Maka dari itu, Amri meminta kepada bupati Aceh Utara untuk segera menurunkan pihak inspektorat dan menindak lanjuti kasus tersebut kerana kasus itu sampai saat ini belum di proses oleh pihak berwajib.

“Jika pihak bupati atau inspektorat tidak segera menindak lanjuti kasus tersebut maka pihaknya, DPW LPI-TIPIKOR ACEH akan menindak lanjuti secara hukum yang berlaku,” ungkap Amri.

Hal ini, dikatakan Amri Merupakan perbuatan yang sudah dilakukan oleh pihak kepala Desa tersebut berat dugaan sudah masuk kedalam perbuatan melawan hukum atau tindak pidana korupsi.

“Dan diKarenakan dana desa bukan digunakan untuk kepentingan pribadi, akan tetapi untuk membangun Desa, dia hanya memakai untuk pribadi,” katanya.(AA)

BAGIKAN

KOMENTAR