Kesalahan Fresh Graduate di Dunia Kerja

0
291

kesalahan-fresh-graduate-di-dunia-kerja-7vo5Q2Y4ND

JAKARTA – Mendapat pekerjaan pertama tentu membuat seorang fresh gradute bahagia. Namun, karena minimnya pengalaman, seringkali para fresh graduate melakukan kesalahan ketika memasuki dunia kerja.

Berikut ini, ada enam kesalahan yang sering dilakukan fresh graduate saat masuk dunia kerja:

1. Asal kerja

Banyak fresh graduate yang asal terima tawaran kerja tanpa memikirkan dengan matang apakah pekerjaan tersebut cocok atau tidak. Akhirnya, di tengah masa kerja mereka kerap merasa menyesal, namun sudah terlanjur terikat kontrak kerja.

2. Terlalu idealis

Idealis di masa muda tentu hal yang wajar. Para fresh graduate biasanya punya prinsip yang akan mereka pegang teguh. Namun, di dunia kerja, kamu juga dituntut untuk menjadi bijak, yakni dengan mempertimbangkan terlebih dulu semua pilihan berdasarkan kelebihan, juga risikonya.

3. Tak merencanakan jenjang karier

Sebagai lulusan baru, mungkin kamu belum punya rencana karier ke depan. Tapi, jika terlalu berlarut-larut, lama kelamaan kamu bisa akan merasa terlalu nyaman sehingga enggan mengembangkan karier ke tingkat yang lebih tinggi.

4. Ekspektasi terlalu tinggi

Siapa sih yang enggak mau jadi manajer di awal kariernya? Pandangan fresh graduate selalu ingin dapat pekerjaan dengan gaji selangit. Padahal, semua itu butuh proses. Manfaatkan semaksimal mungkin lowongan yang ada saat berburu kerja.

5. Tak mau bergaul dengan senior

Sekali-kali cobalah untuk bergaul dengan para senior. Tak hanya melakukan transfer ilmu maupun berbagi pengalaman, sikap ini juga membantu melejitkan kariermu dengan lebih cepat.

6. CV terlalu standar

Tidak sedikit HRD yang menolak kandidat karyawan hanya karena CV yang tidak menarik. Oleh karena itu, supaya dilirik, buatlah CV semenarik mungkin. Jangan lupa menuliskan surat pengantar yang dimulai dari perkenalan diri, kemampuan yang dimiliki, motivasi bekerja, serta kontak yang bisa dihubungi. (okezone.com)

BAGIKAN

KOMENTAR