Ketua Dekranasda Aceh Selatan Melaunching Aplikasi Meukat Inovasi Dosen Poltas

0
Ketua Dekranasda Aceh Selatan, Ny Khailida, S.Pd.I

Tapaktuan | liputanaceh.com – Teknologi digital tengah membumi di masyarakat dan diyakini hampir semua orang memiliki alat telekomunikasi untuk mendukung segala kegiatan manusia.

Teknologi ini menawarkan berbagai kemudahan diantaranya berbagai aplikasi yang dapat diunduh melalui play store.

Ketua Dekranasda Aceh Selatan, Ny. Khailida, S Pd.I, melaunching aplikasi meukat di pendopo Bupati, Jum’at (24/07/20).

Dimana aplikasi ini dapat memudahkan konsumen untuk mengorder barang, makanan dan kebutuhan lainnya yang tersedia di menu aplikasi dan diantar langsung oleh driver yang sudah terdaftar pada owner usaha online tersebut.

Kemudian Khailida, S.Pd.I mengapresiasi atas hadirnya aplikasi meukat di Aceh Selatan yang merupakan inovasi dosen Politeknik Aceh Selatan, selain itu Poltas juga telah memproduksi berbagai produk batu marmer, seperti meja, pas bunga, cangkir dan aneka produk lainnya.

Tak kalah menarik, lanjut Ny. Khailida,  yang sedang buming adalah rencong batu yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 sebagai cendramata terfavorit dan juga nominasi wisata air yaitu Surfing Samadua, yang merupakan usulan melalui dinas Pariwisata Aceh Selatan.

“Hadirnya aplikasi meukat di Aceh Selatan tentunya akan memudahkan masyarakat dalam mengorder kebutuhan tanpa harus keluar rumah, apalagi ditengah pandemi covid-19 seperti saat ini”, kata istri Bupati Aceh Selatan itu.

Diakhir sambutannya, Ny Khailida mengucapkan terimakasih kepada pihak Politeknik Aceh Selatan, dimana selama ini mendukung dan terlibat langsung pada program-program Aceh Selatan Hebat, tutupnya.

Inovator aplikasi meukat, Herry Setiawan, MT yang juga dosen Politeknik Aceh Selatan mengatakan, sebenarnya aplikasi ini bukanlah hal baru dan banyak aplikasi serupa yang bisa di dapat di play store, namun ia berinisiatif untuk membantu para pelaku usaha untuk memasarkan produknya,

“Hari ini ada sekitar 350 akun yang telah mendownload aplikasi meukat dan ada 217 produk yang sudah terdaftar”, ujarnya.

Lanjut Herry, adapun mamfaat dari aplikasi ini adalah promosi gratis di aplikasi meukat dan produk tersebut tampil di meukat.ac.id yang bisa diakses secara nasional.

“Kita tidak mengambil fee dan ini murni membantu pelaku usaha kecil dan menengah,” pungkasnyanya.

Dalam kegiatan Launching aplikasi tersebut, turut dihadiri Kepala OPD terkait, Anggota PKK, Seluruh anggota Dekranasda, Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Tim Umak Goes Taluak, Dosen Poltas serta Undangan lainnya.