Ketua DPR Aceh : Reintegrasi Belum Selesai

0
355

Ketua-DPR-Aceh-Teungku-Muharuddin.BANDA ACEH | Sepuluh tahun pasca penandatanganan kesepakatan damai antara pemerintah Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) masih ada persoalan yang belum terselesaikan, seperti proses reintegrasi mantan kombatan GAM.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Teungku Muharuddin, mengatakan saat ini proses reintegrasi belum selesai, hal itu terlihat dengan belum terealisasinya janji pemerintah kepada eks kombatan.

“Seperti pemberian lahan dan pembangunan rumah bantuan,” kata Teungku Muharuddin, Rabu (19/8/2015).

Pihaknya berharap kepada pemerintah Aceh dan pemerintah pusat agar secepatnya merealisasikan proses reintegrasi tersebut.

“Kita berharap PR yang selama ini belum terealisasi, kita harap pemerintah Aceh dan pemerintah pusat yang bertanggungjawab penuh terehadap reintegrasi ini bisa direalisasikan,” ungkapnya.

Dia menjelaskan intinya saat ini proses reintegrasi belum selesai, ada janji seperti pemberian lahan, rumah dan sebagainya. “Tapi kita lihat dilapangan masih ada eks kombtan yang belum mendapatkan janji itu,” ujar politisi partai Aceh itu.

Dirinya berharap program reintegrasi sesuai dengan yang diamanahkan dalam MoU Helsinki bisa segera diselesaikan.

BAGIKAN

KOMENTAR