Ketua FPII Aceh, Ronny : Wagub Aceh Juga Harus Hindari Produk Yahudi

0

Banda Aceh | LA – Ketua Setwil Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Provinsi Aceh, Ronny Hariyanto, meminta Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah beserta jajarannya, juga menghindari menggunakan produk-produk yahudi sebagaimana himbauannya kepada masyarakat yang menghadiri acara tabligh akbar zikir dan doa bersama untuk Palestina di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Minggu, 6 Agustus 2017 kemarin.

“Sebagai pemimpin, pak Nova harus komit memulai dari dirinya sendiri, kalau memang benar mau boikot produk yahudi,” ucap Ronny, melalui rilis yang dikirimkan kepada media LIPUTANACEH.COM, Senin 7 Agustus 2017.

Ronny mengaku terkejut atas pernyataan Wakil Gubernur Aceh yang meminta masyarakat untuk tidak menggunakan produk-produk yang diproduksi yahudi tersebut.

“Permyataan itu diluar dugaan, jarang ada pemimpin di Indonesia berani bicara begitu di depan publik, apalagi ajak boikot produk yahudi,” ungkap Ronny.

Namun sebelumnya, Ronny mempertanyakan keseriusan dari pernyataan Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyaglh, sebab menurutnya, isu yahudi merupakan isu yang sangat sensitif secara global.

“Itu termasuk isu horor, pak Wagub kan orangnya suka bercanda di setiap sambutannya. Jadi, serius atau tidak pernyataan itu? Sebab isu itu sangat sensitif, dan bisa mengarah ke isu anti semit, jika sembarangan, efeknya bisa liar,” ujar Ronny yang merupakan putra Idi Rayeuk, Aceh Timur, berdarah campuran Aceh-Minang.

Ronny menganggap, pernyataan Wagub Aceh tersebut hanya sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina yang telah terlalu lama dizalimi Israel. “Bagi saya, pernyataan itu hanya bentuk solidaritas atas penjajahan Israel terhadap Palestina selama ini,” tandasnya.

Menurutnya, menghindari produk Israel sebagaimana himbauan Nova itu tidak mudah, namun sangat mungkin dilakukan jika dengan kesadaran publik yang sangat tinggi.

“Apa mungkin? jenis produk yahudi itu kan banyak, bahkan hampir sebagian dari yang selama ini kita makan dan gunakan, ditambah lagi sistem peradaban dunia saat ini juga produk yahudi. Mobil dan pakaian Pak Nova juga mungkin produk yahudi, jadi harus serius kalau memang mau boikot,” tegas pria yang akrab disapa Tengku Ronny itu.

Di sisi lain Ronny berharap, di seratus hari masa jabatannya, Nova lebih serius memprioritaskan perhatiannya kepada nasib rakyat miskin di kota hingga ke pelosok desa.

“Ya, kalau bisa ada perubahan yang dirasakan masyarakat dalam masa seratus hari masa jabatan Irwandi – Nova, terutama soal Kemiskinan, sebab udah gawat,” pungkas Ronny.

Sebagaimana diketahui, Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah, kemarin (6/8) menghadiri kegiatan tabligh akbar dalam rangka zikir dan doa bersama dari masyarakat Aceh untuk warga Negara Palestina yang terus dijajah zionis yahudi Israel. Kehadiran Wakil Gubernur Aceh mampu membakar semangat para hadirin.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dalam orasinya, Nova mengajak seluruh masyarakat Aceh untuk terus melakukan aksi solidaritas untuk rakyat Palestina. “Hindari penggunaan produk-produk yahudi, mungkin itu wujud solidaritas yang bisa kita lakukan,” ajak Nova Iriansyah disambut pekikan takbir ribuan peserta. (R/H)

Baca juga : Wakil Gubernur Aceh Minta Rakyat Aceh Hindari Produk Yahudi