Kick Off LSN Sumatera I Awal September 2018

0
91
Ilustrasi

BANDA ACEH | LA– Liga Santri Nusantara Regional Sumatera I Aceh Tahun 2018 ini kembali bergulir. Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh ditunjuk menjadi penanggung jawab turnamen sepak bola yang akan diikuti oleh santri dayah yang ada di Aceh.

“Kick Off’ direncanakan akan dimulai Sabtu, 1 September 2018  di Stadion Krueng Mane, Muara Batu, Aceh Utara. Turnamen LSN 2018 kali ini mengambil tema “From Dayah to The World”.

Kompetisi LSN Sumatera I Aceh ini akan bergulir pada tanggal 1 – 10 September 2018, juara Seri Region akan berlaga di Seri Nasional di Jawa Tengah, Solo pada minggu ketiga bulan september 2018 nanti. Liga Santri Nusantara (LSN) merupakan turnamen resmi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan organisasi Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama.

Untuk penyelenggaraan di Aceh, PW NU Aceh berkoordinasi dengan Dispora Aceh, Dinas Pendidikan Dayah, Asprov PSSI Aceh dan dengan beberapa pegiat olahraga.

Hal ini disampaikan oleh Koordinator Regional Iskandar Zulkarnaen, Ph.D  kepada awak media di Kantor PWNU Aceh, Jl. Ir. Mohd Thahier No. 09, Komplek Dayah Thalibul Huda, Bayu-Lamcot, Darul Imarah – Aceh Besar, pada rabu  kemarin 18 Juli 2018.

“Panitia mengharapkan Turnamen Sepak Bola U-17 untuk kalangan santri Tahun 2018 berlangsung lebih seru dari tahun 2017, mengingat pelaksanaannya sengaja dilakukan di Krueng Mane untuk memudahkan sebagian besar dayah untuk ikut serta.”

Pertandingan LSN tahun 2018 kami rencanakan akan berlangsung di Stadion Krueng Mane, Muara Batu, Aceh Utara.

“Kita telah meminta PSSI untuk menurunkan tim ‘talent scouting’ yang akan memantau sekaligus membuat data statistik para pemain sejak kick off hingga babak final nanti,” kata Wakil Ketua PWNU Aceh ini.

“Panitia mengharapkan agar dayah-dayah di Aceh, khususnya di regional Sumatera 1 yaitu Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Langsa dan Tamiang, dapat mengambil bagian dalam even ini. Kegiatan ini, disamping menjadi ajang silaturrahmi juga dalam rangka menggali potensi dan prestasi olahraga di kalangan santri,” imbuhnya.

Seperti pelaksanaan tahun sebelumnya, kali ini LSN 2018 Region Sumatera I Aceh kembali memperebutkan Piala Gubernur Aceh, lanjut Iskandar. “LSN 2018 tetap mengedepankan karakter seorang santri, yaitu sikap saling menghargai dan berakhlakul karimah. Hal ini berlaku untuk para pemain, penyelenggara dan pendukung kesebelasan yang bertanding. Jangan heran kalau ada pemain LSN diberi kartu kuning, justru sang pemain langsung mencium tangan wasitnya,” kata Iskandar.

Penyelenggaraan LSN 2018 didukung penuh tokoh-tokoh dan praktisi sepakbola antara lain H. Zulfadli (Adek) H. Nazaruddin (Dek Gam), H. Zaini Yusuf, Teuku Moni, dan beberapa tokoh lainnya.

Insya Allah kami akan bekerjasama dengan Pemerintah Aceh, dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Pendidikan Dayah  dan PSSI Aceh untuk pelaksanaan. Kami berharap dukungan semua pihak untuk suksesnya kegiatan ini, tutur dosen Unimal ini.

Pendaftaran Peserta Diperpanjang

Saat ini pendaftaran keikutsertaan Klub sudah mulai dari bulan juli  hingga sampai pada tanggal 25 Agustus 2018, mengingat pelaksanaan turnamen baru akan dimulai 1 September. Maka hasil keputusan rapat panitia kemarin, jadwal pendaftaran peserta diperpanjang sampai dengan tanggal 25 Agustus  2018.

Untuk pendaftaranya dapat langsung membawa berkas pendaftaran ke Sekretariat LSN Regional Sumatera I Aceh, Kantor PW NU Aceh di Jl.  Ir.  Mohd.  Thahier No.  09, Komplek Dayah Thalibul Huda,  Bayu – Lamcot,  Kecamatan  Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar atau dapat dilakukan dengan menghubungi Ketua Panitia pelaksana Indra Kariadi, SH.  No. Hp. 0852 6016 7216 dan Sekretaris Panitia Pelaksana T. Barbawi,  S. Pd No. Hp. 0823 6350 5310, Panitia tidak memungut biaya  pendaftaran untuk kompetisi ini.

Bagi dayah atau pesantren yang berminat untuk ikut, panitia akan mengirimkan undangan dan form pendaftaran peserta, pelatih dan official untuk didaftarkan sebagai peserta LSN 2018. Pendaftaran ini akan dilakukan online dan didaftar dalam sistem registrasi LSN secara nasional. Panitia mensyaratkan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh peserta Klub, diantaranya:
Setiap Klub harus mempunyai 2 (dua) set Kostum yang beda warna dengan ukuran sebatas tingkat kepatuhan.
Pendaftaran pemain secara kolektif dan individu (Formulir ada sama Panitia) dibuat dalam bentuk Buku/Album rangkap 3 (dengan melampirkan) :
Foto Copy Kartu Santri
FotoCopy Kartu keluarga
Fotocopy Akte kelahiran
Fotocopy Ijazah dan Buku Rapor terakhir
Surat Keterangan Sehat dari rumah Sakit
Semua Berkas Aslinya dibawa oleh pemain saat Screening

SYARAT PEMAIN :
Seorang Pemain sah untuk dapat bermain dalam Liga Santri Nusantara wajib memenuhi persyaratan sebagai berikut:
Terdaftar sebagai Santri pada Pesantren yang bersangkutan
Pemain yang berstatus Amatir;
Kelahiran 1 januari 2001 dan setelahnya.

Dapat menunjukkan Identitas diri sebagaimana dibutuhkan dan telah disahkan.

BAGIKAN

KOMENTAR