KIP Sosialisasi Pemilu Lewat Stand Up Comedy

0

BANDA ACEH |LA – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh memiliki cara tersendiri dalam menyosialisasikan Pemilu kepada kalangan pemilih pemula dan pemilih muda di Banda Aceh.

Beberapa minggu yang lalu, KIP Kota juga telah menggelar sosialisasi lewat pentas seni yang diikuti sangar-sangar dari sejumlah sekolah di Banda Aceh.

Kali ini sosialisasi dilakukan dengan cara yang berbeda, yakni menggelar penampilan music dan stand up comedy. Tak tanggung-tanggung, KIP Kota Banda Aceh menghadirkan komika nasional yang pernah menjuarai SUCI Konpas TV, Ridwan Remin ke Banda Aceh.

Kegiatan ini digelar Sabtu (13/4/2019) malam di Muhammadiah Convention Center (MCC) KH Ahmad Dahlan di kompleks kampus Unmuha Batoh.

Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin ikut hadir dan mengapresiasi event ini digelar.

“Pemko pastinya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar KIP ini. Begitu juga apa yang telah dilakukan Panwaslih selama ini dalam rangka menyosialisasikan pemilu dan pengawasan yang terus dilakukan,” ujar Zainal Arifin yang juga Ketua PAN Kota Banda Aceh.

Menurut Cek Zainal—sapaan akrab Wakil Wali Kota—lewat stand up comedy dapat menyampaikan pesan-pesan lewat humor segar kepada generasi muda tentang pentingnya menggunakan hak pilih pada pesta demokrasi 17 April nanti.

Cek Zainal sendiri ikut menyampaikan pesan-pesannya kepada ribuan millennial yang menyesaki MCC KH Ahmad Dahlan. Tentunya bukan melalui stand up comedi, tapi melalui pantun yang dia susun jelang memberikan sambutannya.

Ada tiga pantun yang dibacakan Wakil Wali Kota pada acara ini, satu pantun dengan bahasa Aceh dan dua pantun lainnya dengan bahasa Indonesia.

Lewat pantun ini, Cek Zainal mengingatkan akan pentingnya pemilu berjalan sukses demi hadirnya pemimpin bangsa yang berkualitas. Seperti pesan lewat pantun Aceh berikut ini:

Teulah sithon ureung meugo

Teulah siuro ureung meurusa

Teulah 5 thon hana memileh

Telah sipaleh siumu masa

Kemudian Wakil Wali Kota juga membacakan dua pantun berikutnya. yang mengajak kalangan millennial agar tidak golput. Yang pertama mengajak pemilih pemula tidak golput. Berikut isi pantun tersebut:

Anak muda memakan siput

Siput dimakan dengan jus banana

Ajaklah pemilih jangan golput

Sayang suara tidak berguna

Kemudian Cek Zainal juga membacakan pantun terakhir dengan berpesan agar menggunakan hak suara dengan tepat dan tidak salah memilih pemimpin. Berikut isi pantun tersebut:

Matahari terbit dipagi hari

Kemudian terbenam dalam lautan

Pemilu 2019 sebentar lagi

Janganlah salah pilih pimpinan

Kegiatan yang digelar KIP ini, selain dihadiri Ketua dan komisioner KIP juga dihadiri Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto yang kemudian ikut menyampaikan bahwa pihaknya siap memberikan pengamanan pada Pemilu 2019.

“Adik-adik semua jangan ragu ke TPS, kita jamin keamanan dan kenyamanannya. Mulai dari rumah berangkat ke TPS, menggunakan hak suara hingga kembali pulang ke rumah kita pastikan aman. Ini pesta demokrasi, yang namanya pesta tentu kita harus semua senang,” ujarnya.

Ketua KIP Kota, Indra Milwady mengatakan selain para pemilih pemula, kegiatan stand up dengan tema ‘Pemilih Berdaulat Negara Kuat’ ini, pihaknya juga mengundang para pimpinan partai politik di Banda Aceh.

“Kita juga undang para pimpinan partai politik dan meminta menyertakan masing-masing 20 peserta. Tujuan kita sosialisasi agar Pemilu 17 April nanti berjalan tertib aman dan damai,” ujar Ketua KIP.