KNPI Aceh dan Mahasiswa UIN Ar Raniry Adakan Pelatihan Menjahit di Montasik

0
150
KNPI dan UIN Ar-Raniry Adakan Pelatihan Menjahit

Banda Aceh – Sejumlah mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry yang sedang melaksanakan Praktek Profesi Keguruan dan Pengabdian Masyarakat (PPKPM) di Desa Bira Lhok, Montasik, Aceh Besar melakukan malam perpisahan dan penutupan pelatihan menjahit dan merajut bagi kaum wanita di desa tersebut sejak 28 Agustus – 09 Oktober 2016.

Untuk mendorong dan mendukung mahasiswa PPKPM UIN Ar Raniry tersebut, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Aceh memfasilitasi pelatihan menjahit dan merajut di Desa Bira Lhok dengan meminjamkan mesin 10 unit mesin jahit dan modul pelatihan.

Ketua DPD KNPI Aceh yang diwakili Zulfannur, dalam sambutannya dihadapan puluhan masyarakat Bira Lhok mengucapkan rasa bangganya kepada Zikrina yang merupakan salah satu alumni pelatihan menjahit dari KNPI Aceh pada tahun 2015.

“Inilah hasil dari mereka menjadi guru, inilah buat daripada kami bangga. Ilmu tentang menjahit yang Zikrina dapatkan di KNPI, bisa diteruskan bagi masyarakat Bira Lhok. Kami dari KNPI hanya sedikit memberikan bantuan, meminjamkan mesin menjahit, tapi hasilnya hari ini luarbiasa, ibu-ibu sudah bisa menjahit baju seperti kata Zikrina tadi” ujar Wakil Ketua DPD KNPI Aceh, Selasa malam, 18 Oktober 2016.

Zulfan berharap, ibu ibu PKK di desa Bira Lhok dapat terus belajar untuk meningkatkan potensi keterampilan di bidang menjahit yang telah dimiliki saat ini.

“Kami dari KNPI berharap, setelah ibu-ibu mendapat ilmu menjahit, maka akan menghidupkan industri rumah tangga dan akan membantu kesejahteraan bagi keluarga nantinnya, ini terobosan yang lahir dengan cara yang sederhana, namun memiliki manfaat yang sangat banyak” sebut Zulfan memberi semangat lagi.

Sementara itu, Zikrina salah satu dari mahasiswa PPKPM tersebut merupakan alumni pelatihan menjahit bagi perempuan tahun 2015 yang dilaksanakan KNPI Aceh. Zikrina, mengucapkan terimakasih atas dukungan KNPI Aceh selama ini dalam menyukseskan program pelatihan menjahit dan merajut di Bira Lhok, Montasik.

Hadir pada malam penutupan di halaman Meunasah Bira Lhok itu, dari kalangan DPD KNPI Aceh, Mukmin, Andra, yang mendampingi Zulfannur. Hadir juga Geuchik, Teungku Imum dan seluruh perangkat desa Bira Lhok. KNPI Aceh juga ikut menyerahkan hadiah lomba kepada anak-anak desa Bira Lhok pada malam penutupan dan perpisahan tersebut. Sebelumnya, pelatihan menjahit dan merajut dibuka oleh Wakil Sekretaris KNPI Aceh, Ammar Fuad, Minggu 28 Agustus 2016. (Release)

BAGIKAN

KOMENTAR