Kopda Panjaitan ngajar PMP Bagi Murid SD Negeri Sahaja

0
43

IDIĀ ACEH TIMUR | LA – Satuan Penugasan TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-10, mendidik murid Sekolah Dasar Negeri, untuk mengajarkan Pendidikan Moral Pancasila (PMP), guna untuk mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Kopda Panjaitan merupakan salah seorang prajurit Babinsa Ramil 20 Pante Bidari, Jum’at (20/04/2018) memberikan pembekalan terhadap murid Sekolah Dasar Negeri Sahraja kecamatan Pante Bidari kabupaten Aceh Timur.

Kopda Panjaitan mengatakan begitu pentingnya Pendidikan Moral Pancasila (PMP) sehingga harus diterapkan sejak dini. Pendidikan moral yang diajarkan dapat berpengaruh terhadap perilaku seseorang di masa yang akan datang, ujarnya.

Mempelajari Pancasila juga tak kalah pentingnya. Pancasila sebagai Ideologi negara, tak hanya sekedar di pelajari, namun harus dapat menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari, “tambah Kopda Panjaitan.

Jika nilai nilai Pancasila sudah tertanam sejak dini, masyarakat Indonesia dijamin tak akan mudah terpecah belah dan bisa hidup berdampingan dengan aman dan nyaman, “lanjut Kopda Panjaitan lagi.

Lebih lanjut, menambahkan kepada seluruh pelajar, “bahwa PMP saat ini lebih dikenal dengan pelajaran Pendidikan Kewarga Negaraan (PKN). Namun dari segi isi, PMP lebih cenderung mengajarkan tentang moral dan pengetahuan tentang Pancasila.

Sementara PKN, kata Kopda Panjaitan, ” lebih mengarah ke Kewarga Negaraan di Indonesia, “jelasnya lagii.
Agar para pelajar lebih mengenal Pancasila, Panjaitan menguji para murid SD tersebut dengan menuliskan butir-butir pancasila di papan tulis secara bergantian.

Selain itu, ada juga murid yang sebagian menggambarkan lambang dari masing-masing sila yang terkandung dalam Pancasila yang menjadi dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.(z)

BAGIKAN

KOMENTAR