Kopi Gayo Akan Di Promosikan di Turki

0
21

BENER MERIAH | LA – Bupati Kabupaten Bener Meriah Ahmadi dipastikan akan memimpin rombongan delegasi Kabupaten Bener Meriah untuk promosi kopi Gayo di Istanbul Coffee Festival Tanggal 21 hingga 24 September 2017.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bener Meriah, Ahmadi pada acara konferensi pers dengan sejumlah awak media di ruangan kerjanya, Senin 18 September 2017.

Disampaikan Ahmadi, rombongan yang akan mengikuti Istabul Coffee Festival di Negara Turki terdiri dari perwakilan Koperasi Gayo Mandiri lima orang, Koperasi Redelong Organik dua orang, pe greder, barista dua orang, dan tiga orang dari Pemkab Bener Meriah.

Kesemua delegasi tersebut berangkat dalam satu rombongan yang dipimpin oleh Bupati Kabupaten Bener Meriah.

“Keberangkatan mereka ke Negara Turki tersebut menggunakan dana pribadi masing-masing. Di Turki nantinya kata Ahmadi mereka akan mengikuti serangkaian acara pada Istanbul Coffee Festival 2017,” kata Ahmadi.

“Kita akan bertemu Komjen RI, melakukan pertemuan-pertemuan forum bisnis. Disana nanti pihak Turki akan menghadirikan seratusan lebih buyer mereka yang akan dipertemukan dengan kita, kemudian bupati Bener Meriah akan menyampaikan paparan,” katanya.

Ia juga menjelaskan, speciality yang akan mereka bawa pada Istanbul Coffee Festival adalah Kopi Arabika Gayo.

“Juga akan dibawa farian-farian lain seperti  peaberry, kopi luwak, natural. Kalau Arabika akan dibawa speciality dari beberapa tempat ketinggian 1200, 1400, 1600 kaki diatas permukaan laut, rencananya dia akan berada di Turki selama lima hari,” ujar Bupati Bener Meriah.

Selanjutnya, dikatakan oleh Bupati Bener Meriah , bahwa ketika rangkaian forum bisnis selesai dirinya langsung kembali ke Bener Meriah.

” Acara tersebut sangat baik dan perlu untuk mendukung para petani kopi Gayo untuk menjamin harga kepastian kopi, karena Turki adalah Negara penikmat kopi terbesar dunia di eropa tengah,” sebutnya.

Dikarenakan selama ini masyarakat Turki , Sambung Ahmadi , sebagai penikmat kopi Arabika, namun mereka tidak mendapatkan langsung dari kita melainkan disuplay dari Amerika, selaku penghasil Arabika.

“Kita merasa rugi, mudah-mudahan dengan acara festival nantinya kita bisa langsung berhubungan dengan para bayer-bayer yang ada disana,” pinta Bupati Bener Meriah itu. (Rel)

BAGIKAN

KOMENTAR