Korem 011/LW Gelar Latihan Penanggulangan Bencana

0

LHOKSEUMAWE – Komando Resor Militer 011 Lilawangsa melakukan Latihan Geladi Posko I Korem 011/Lilawangsa di Lapangan Jenderal Sudirman Korem 011/Lilawangsa, Lhokseumawe, Selasa, dalam menghadapi bencana alam maupun menangani konflik komunal.

Kegiatan latihan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Brigjen TNI Luczisman Rudy Polandi tersebut, dikhususkan untuk merencanakan, menyiapkan, mengendalikan dan membantu Pemda dan Polri dalam menanggulangi bencana alam di wilayah jajaran Korem 011/Lilawangsa.

Dalam Amanat Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Agus Kriswanto yang dibacakan oleh Kepala Staf Kodam Iskandar Muda Brigjen TNI Luczisman Rudy Polandi mengatakan Latihan Geladi Posko I Korem 011/Lilawangsa, selain untuk meningkatkan kemampuan komandan dan staf Korem 011/Lilawangsa khususnya, sekaligus menjadi standar penilaian bagi komando untuk menilai tingkat kemampuan satuan yang dihadapkan dengan tantangan tugas ke depan, dimana kesiap satuan senantiasa dituntut, baik pada tugas Operasi Militer untuk Perang maupun Tugas Operasi Militer selain Perang.

“Kesiapan Satuan akan terwujud manakala, Satuan tersebut selalu mengasah kemampuannya dengan cara belajar dan berlatih secara terprogram, teratur dan terukur dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut,” ujarnya.

Lanjut Luczisman, mencermati kondisi keadaan geografis di wilayah Aceh yang sangat rentan terhadap terjadinya bencana alam, maka Kodam Iskandar Muda senantiasa melakukan pembinaan satuan di jajarannya, terutama Satuan Kowil dalam rangka menyiapkan kemampuan satuan agar setiap saat siap dikerahkan untuk melakukan tugas penanggulangan bencana di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

“Mengingat Wilayah Korem 011/Lilawangsa, merupakan salah satu wilayah yang rawan dari bencana alam seperti gempa bumi baik gempa tektonik maupun vulkanik, banjir, serta jenis bencana alam lainnya. Maka kemampuan Penanggulangan akibat Bencana harus memperoleh perhatian yang serius,” kata Luczisman.

Oleh karena itu, Latihan Posko I ini dititik beratkan pada materi bantuan TNI kepadap pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam, terutama dalam hal pengerahan unsur dari TNI.

Pada kesempatan itu, juga diharapkan, Korem 011/Lilawangsa sebagai Satuan Kewilayahan selalu meningkatkan intensitas komunikasi dan bersinergi dengan satuan dan instansi terkait lainnya. Hubungan harmonis antar instansi yang selama ini telah terbina dengan baik, harus selalu dipertahankan dan ditingkatkan, termasuk dalam latihan ini, laksanakan koordinasi dinas terkait, sehingga latihan akan benar-benar dapat menjadi acuan pelaksanaan tuas penanggulangan bencana alam yang sebenarnya.