Kunjungi Arab Saudi, Melania Trump dan Ivanka Ogah Berhijab

0
83
Kombinasi foto Melania Trump (kiri) dan Ivanka Trump tidak menggunakan hijab saat berkunjung ke Arab Saudi, 20 Mei 2017. Foto: Reuters
Kombinasi foto Melania Trump (kiri) dan Ivanka Trump tidak menggunakan hijab saat berkunjung ke Arab Saudi, 20 Mei 2017. Foto: Reuters
Kombinasi foto Melania Trump (kiri) dan Ivanka Trump tidak menggunakan hijab saat berkunjung ke Arab Saudi, 20 Mei 2017. Foto: Reuters

Riyadh | LA Menemani suaminya dalam lawatan perdana sejak menjabat sebagai presiden Amerika Serikat, Melania Trump tidak mengenakan hijab saat mendarat di Arab Saudi hari ini.

Selain Melania, Ivanka Trump-Kushner, anak sulung sekaligus penasihat Trump, juga tidak mengenakan hijab meski mengenakan abaya hitam bermotif putih.

Seperti dilansir ABC News, Sabtu 20 Mei 2017, Donald Trump dan istrinya, Melania Trump, menjejakkan kaki di bandara internasional King Khalid, Riyadh, Arab Saudi untuk kunjungan selama dua hari.

Keduanya disambut hangat oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud dan sejumlah petinggi kerajaan di Riyadh, Arab Saudi.

Keluar dari pesawat kepresidenan Air Force One, Trump terlihat mengenakan setelan jas berwarna gelap dan dasi biru.

Sedangkan, Melania tampak berpakaian lebih tertutup dari biasanya, mengenakan jubah longgar dan panjang berwarna hitam, dipadukan dengan ikat pinggang berwarna kuning keemasan.

Rambut pirang kecoklatan milik Melania terlihat tergerai tanpa ditutupi apapun, senada dengan penampilan mantan Ibu Negara Michelle Obama dan mantan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton dalam kunjungan mereka ke Arab Saudi beberapa tahun silam.

Yang juga menarik dalam pertemuan ini, Raja Salman menjabat tangan Melania Trump, hal yang jarang dilakukan pria Saudi terhadap lawan jenisnya.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel bin Ahmed Al-Jubeir memang sudah memberikan pengecualian kepada para tamu dari Negeri Abang Sam itu.

“Kami menerima gaya berbusana apapun,” kata Adel bin Ahmed Al-Jubeir, seperti dikutip RIA Novosti pada Kamis lalu.

Seorang pejabat kerajaan juga mengatakan memang pihak pemerintah tidak pernah meminta para perempuan petinggi negara untuk mematuhi hukum dan adat di negara itu untuk mengenakan hijab. Biasanya hanya diharapkan para petinggi itu mempertimbangkan saran untuk menutup auratnya.

Penampilan Melania dan Ivanka mengingatkan publik Amerika atas kecaman Trump terhadap Michelle Obama pada Januari 2015 yang dianggap tidak menghormati adat istiadat di Arab Saudi.

Dalam kunjungan Obama saat itu, Trump berkicau, “Banyak orang memuji keputusan Nyonya Obama menolak menggunakan penutup kepala di Arab Saudi, padahal sebenarnya itu penghinaan. Kita sudah cukup memiliki musuh.” ernyata, Melania Trump dan Ivanka kini justru mengikuti jejak Michelle dan Hillary. (ABC/Tempo)

BAGIKAN

KOMENTAR