Lautan Masyarakat Kembang Tanjung Bersama Abu Lamkawe Gelar Doa Tolak Bala

0

PIDIE I Liputanaceh.com Lautan warga Kemesjidan Po Teumeuruhom yang mewilahi beberapa gampong mulai Gampong Bentayan, Lamkawe, Kandang dan sekitarnya melakukan doa tolak bala yang bertempat di Meunasah Puuk, Kecamatan Kembang Tanjung, Malam Sabtu, (20/3/2020), setelah shalat Isya berjamaah.

Kegiatan ini dalam upaya mendoakan, agar terhindar dari Virus Corona atau Covid-19 yang sedang mewabah. Doa yang dipimpin salah seorang ulama muda Pidie Tgk. Hanifuddin yang juga alumni MUDI Samalanga serta pimpinan salah satu dayah di kawasan Kota Sigli berlangsung antusias dan membeludaknya jamaah yang menghadirinya.

Tgk. Burhan MS salah seorang jamaah yang hadir menyebutkan acara ini di samping memperingati Israk Mikraj juga sebagai sarana doa tolak bala mewabahnya virus Corona yang sedang melanda dunia saat ini.

“Selain doa tolak bala juga dirangkaikan dengan tausyiah almukarram Abu Ishak Lamkawe dan jamaah hadir sangat antusias bahkan menjelamg tengah malam masyarakat masih eksis mendengarkan tausyiah ulama kharismatik Aceh yang juga gurunya Almukarram Abu MUDI itu,”ungkapnya yang juga salah seorang panitia pelaksana acara tersebut.

Sementara itu Tgk. Edi Abdulllah warga Lamkawe menyebutkan  di saat mewabahnya penyakit seperti saat ini perlu kita lestarikan kembali doa tolak bala seperti cara indatu dulu.

“Kegiatan doa tolak bala ini merupakan hal yang dilakukan oleh leluhur kita dahulu, dalam rangka mencegah dan berharap kepada Allah agar terhindar dari segala penyakit. Maka kegiatan seperti ini perlu kita galakkan kembali, apalagi sekarang sedang merebaknya virus corona, maka kita sangat butuh pada pertolongan Allah,” ujarnya yang juga mahasiswa semester terakhir di STIS Ummul Ayaman Meureudu itu.

Abu Lamkawe pimpinan Dayah Baldatul Mubarakah  Kembang Tanjung itu dalam uraiannya juga menguraikan hal berkaitan dengan fenomena yang sedang berkembang saat ini juga menguraikan panjang lebar peristiwa Israk Mikraj