Lembaga Ekonomi Masyarakat  Harus di Tingkatkan

0
265
Doc : Liputanaceh.com

PIDIE JAYA |LA – Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) sangat diperlukan dalam pembangunan pertanian, di samping kelembagaan pertanian yang lain.

“Lembaga ini yang efektif dalam mengelola sumberdaya pertanian menjadi solusi bagi pemecahan permasalahan pertanian mengingat karakteristik usahatani yang ada serta dalam rangka menghadapi era globalisasi dan perdagangan bebas,” kata Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh melalui  Kabid perbenihan, produksi, perlindungan perkebunan Distanbun Aceh, Azanuddin Kurnia, Rabu 8 November 2017.

Menurutnya, Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM)  perlu dikembangkan dalam upaya mendukung kegiatan usahanya (agribisnis) agar mampu berhadapan secara setara dengan pelaku usaha pertanian yang lain, serta mampu menghadapi persaingan di tingkat global.

“Kenyataan memperlihatkan kecenderungan masih lemahnya kelembagaan kelompok petani di negara berkembang, serta besarnya hambatan dalam menumbuhkan kelembagaan pada masyarakat petani dan lemahnya kapasitas kelembagaan kelompok petani. Salah satu pendekatan yang diperlukan dalam pengembangan kapasitas petani adalah meningkatkan partisipasi mereka dalam LEM,” ujarnya.

Penguatan LEM merupakan upaya untuk membangun komitmen bersama, memotivasi anggota untuk berswadaya dan tidak menggantungkan harapan pada bantuan pihak lain. Dengan konsep kelembagaan ini diharapkan kesadaran masyarakat melahirkan kesepakatan warga untuk berinvestasi secara swadaya.

Selain itu dengan adanya penguatan kelembagaan diharapkan dapat memudahkan terbangunnya sinergi program dari berbagai kementerian] lembaga/instansi.

“Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) tidak hanya berfokus pada pemberdayaan ekonomi, melainkan diikuti dengan pembinaan, sosial kemasyarakatan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal,” kata Azanuddin Kurnia.

Untuk mewujudkan semua yang di inginkan, maka  penguatan Lembaga Ekonomi Masyarakat dilaksanakan secara tersistimatis melalui beberapa tahapan yang saling terkait, utuh dan tuntas.

“Pembentukan TIM Asistensi Pusat dan Daerah; Workshop Nasional; Seleksi, Rekruitmen dan Pelatihan Fasilitator,Sosialisasi di Tingkat Provinsi dan Kabupaten; Persiapan, Verinkasi Calon Lokasi LEM dan Partisipasi Masyarakat,” katan Azanuddin dalam acara  Sosialisasi Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) di kabupaten Pidie Jaya. (AZ)

 

BAGIKAN

KOMENTAR