LP Lhoknga Ditetapkan Sebagai LP Khusus Pembinaan Anak

0
341

LIPUTANACEH.COM | BANDA ACEH | Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Lhoknga akan menjadi salah satu dari 18 Lembaga pembinaan khusus anak dan lembaga penempatan anak sementara yang diresmikan Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia, kata pejabat setempat.

“Berbagai persiapan telah dilakukan, terutama renovasi LP kelas II B Lhoknga yang akan difungsikan sebagai LP khusus anak,” kata KaKanwil Kemenkumham Aceh Fathlurachman.

Menurutnya pembangunan LPKA dan LPSA di daerah itu menyesuaikan dengan lingkungan dan tidak menimbulkan psykologis pada anak termasuk petugas beradaptasi langsung dengan anak.

“Pola pendidikan yang diberikan kepada anak-anak di LPKA itu mengacu pada pendidiklan yang sudah ditetapkan pemerintah, karena yang dihadapi adalah anak dalam masalah mentalitas, berbeda dengan pendidikan di sekolah,” ujarnya.

Pihaknya menargetkan pada tahun anggaran 2016 pembangunan LPKA dan LPSA tersebut akan selesai.

“Sementara ini kita gunakan dulu LP kelas II b Lhoknga sebagai pembinaan anak,” katanya.

Pihaknya juga akan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) dana sarana prasana pendukung berupa buku bacaan dan klinik kesehatan. Selain pembenahan LP khusus anak, Kemenkumham Aceh juga akan mereformasi seluruh LP di provinsi ujung paling barat Indonesia itu yang bermasalah.

“Saat ini penghuni LP kelas II B Lhoknga Aceh besar, sebanyak 79 napi yan terdiri dari wanita sebanyak 69 orang dan anak tujuh orang dan sisa napi pria,” tutupnya.

BAGIKAN

KOMENTAR