LSM LIBAS Desak Dinkes Aceh Selatan Bentuk Protap Tentang Karantina

0
Koordinator LSM LIBAS May Fendri SE. (Foto/Doc Pribadi).

Tapaktuan | Liputanaceh.com – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Independen Bersih Aceh Selatan (LIBAS) mendesak Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Selatan agar segera membentuk prosedur tetap (Protap) tentang karantina bagi warga Aceh Selatan yang pulang dari luar daerah.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa Pemkab Aceh Selatan telah mensiagakan tempat karantina bagi warga Aceh Selatan yang baru pulang dari luar kota,” ujar Koordinator LSM LIBAS May Fendri SE kepada wartawan di Tapaktuan, Minggu (5 /4/2020).

Namun, lanjutnya, sebaiknya  tempat karantina yang telah disiapkan di  Terminal Tipe-C Labuhanhaji dan Terminal Krueng Luas, Kecamatan Trumon Timur itu, betul – betul sesuai prosedur tetap. Sehingga tidak timbul permasalahan di kemudian hari.

“Karena jika telah diterapkan karantina, maka otomatis ribuan warga Aceh Selatan yang baru pulang dari luar daerah ditempatkan di dua lokasi itu. Lalu bagaimana mekanisme pelayanan dan pengawasan kesehatan di tempat karantina tersebut,” ucapnya, seraya bertanya.

Baca juga: Tak Diterima Keluarga, Diduga Terinfeksi Virus Corona, Kesehatan Warga Kab Aceh Selatan ini Mulai Membaik

Sementara itu,  Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Aceh Selatan Cut Syazalisma S.STP secara terpisah menyatakan, pihaknya sedang menunggu Dinkes Aceh Selatan membuat protap tentang karantina.

“Karena  semua perlakuan di tempat karantina/isolasi harus merujuk protap. Kita mendesak supaya Dinkes bisa cepat membuat protap dimaksud untuk lingkup Kabupaten Aceh Selatan,” tegasnya, seraya berharap semua pihak mendukung supaya penyebaran Covid-19 dapat diminimalisir.