LSM LIBAS Sesalkan Pernyataan Plt. Kepala Dinkes Asel Terkait Protap Karantina

0
Koordinator LSM Lembaga Independen Bersih Aceh Selatan (LIBAS) May Fendri SE. (foto/doc pribadi).

Tapaktuan | Liputanaceh – Koordinator LSM Lembaga Independen Bersih Aceh Selatan (LIBAS) May Fendri SE mensesalkan pernyataan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan terkait permintaan pembentukan prosedur tetap (Protap) karantina bagi warga yang baru pulang dari luar daerah.

“Yang kita minta agar Dinkes Aceh Selatan segera membentuk atau merekomendasikan  draf portap karantina, karena Dinkes termasuk bagian dari Tim Gugus dan sangat berperan membentuk hal tersebut,” kata May Fendri kepada wartawan melalui pres rilis, Senin (6/4/2020).

Baca juga: Didesak Bentuk Protap Tentang Karantina, Ini Tanggapan Kadinkes Aceh Selatan

Menurut dia, permintaan pembentukan segera protap karantina tersebut mengingat jumlah warga Aceh Selatan yang baru pulang dari luar daerah maupun luar negeri sudah mencapai 2.000 orang lebih. Mereka saat ini melakukan  karantina mandiri di rumah masing – masing.

“Kendati ribuan warga yang baru pulang dari daerah terindikasi terjangkit pandemi Virus Corona atau Covid-19 itu belum  ada gejala, namun Pemkab Aceh Selatan harus mengantisipasi efek sosial ditengah – tengah masyarakat,” ungkapnya.

Kembali ke pernyataan Plt. Kepala Dinkes Aceh Selatan, lanjut May Fendri, saat kekhawatiran penyebaran Covid-19 ini, tidak seharusnya saling salah menyalahkan. Sebaliknya, mari  saling bersatu dan bersinergi dalam meminimalisir penyebaran virus corona di Aceh Selatan ini.

“Sebab Plt. Bupati Aceh Selatan telah memerintahkan Dinkes Aceh Selatan untuk membuat tempat karantina di Terminal Tipe C Labuhanhaji dan Terminal Krueng Luas, Kec. Trumon Timur, bagi warga yang baru pulang dari luar daerah,” pungkasnya.