Malam ini Kadis Dayah Buka Acara Pelatihan Kewirausahaan Dayah, Ini Pesannya

0
H. Usamah El-Madny, MM Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Pada Acara Pembukaan Pelatihan Kewirausahaan Teungku Dayah di Banda Aceh

Banda Aceh | Liputanaceh.com – Dinas Pendidikan Dayah Aceh pada Sabtu (16/11) menggelar acara pelatihan Kewirausahaan untuk Tengku Dayah yang akan berlangsung selama 4 hari di Hotel Mekkah Banda Aceh.

Kadis Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny dalam sambutannya saat pembukaan acara menyampaikan bahwa Dana Otsus  Aceh akan berakhir pada tahun 2027, untuk itu kita harus siap ketika APBA semakin melemah, untuk menjawab itu semua, maka menghadirkan  usaha-usaha produktif di Dayah adalah jawaban dari akhir dana Otsus itu.

Kadis Dayah berpesan agar para Tengku yang mengikuti acara mampu merekam setiap ilmu yang didapat dari pelatihan ini, untuk itu keseriusan dan kesungguhan dari pada Teungku dayah dalam mengikuti acara sangat diharapkan.

Selain itu, acara ini adalah upaya-upaya dari Pemerintah Aceh untuk membuat Dayah menjadi mandiri dan tangguh dalam hal ekonomi.

“Dayah adalah tempat pendalaman ilmu agama, namun disaat yang bersamaan santri juga dapat menggunakan waktu dan kesempatan untuk menimba ilmu mengenai kewirausahaan,  supaya kelak bisa berguna untuk santri lulusan dayah dan dayah itu sendiri”, ujarnya.

Usamah melanjutkan agar setiap Dayah memiliki Badan Usaha Milik Dayah (BUMD), setiap dayah harus dapat memanfaatkan peluang ekonomi di dayah, apalagi dayah yang memiliki santri ribuan orang, berpikir kreatif agar menghasilkan sesuatu yang inovatif yang tentunya bermanfaat untuk kalangan dayah, katanya.

“Kita ini lebih unggul, selain kita punya mimpi, kita juga punya Allah SWT, yang setiap saat hadir dalam mewujudkan segenap usaha-usaha yang kita lakukan”, ujar Kadis Dayah Memotivasi peserta.

Ketua Panitia acara Mustafa S.Sos M.Si yang juga Kepala Bidang Sumber Daya Manusia PDA Dinas Pendidikan Dayah Aceh, mengatakan dalam laporan nya bahwa acara ini bertemakan “Kewirausahaan Tengku Dayah Sebagai Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia Menuju Dayah Mandiri dan Tangguh” yang diikuti oleh 130 orang dari dayah yang tersebar di seluruh Aceh dan akan berlangsung selama 4 hari sampai tanggal 19 November 2019.

Acara kewirausahaan ini nantinya akan dipandu oleh Narasumber yang Handal yaitu Ekonom Aceh di antaranya  Ayub Meulila Abdi dengan materi “Motivasi Kewirausahaan (Orientasi pola pikir dan sikap kewirausahaan), Nasrillah Anis dengan materi “Potensi dan Peluang Bisnis serta ekonomi kreatif bagi dayah” Fairuz Abadi dengan materi “Teknik memulai dan mengembangkan Bisnis bagi Kalangan Dayah”, Mirza Tabrani dengan materi “Srategi Pemasaran dan Inovasi Produk”, Syarifah Rahmawati dengan materi “Pengelolaan Bisnis dan Adminstrasi Keuangan Dayah” dan terakhir Kadis Pendidikan Dayah Aceh Usamah El-Madny dengan materi “Kebijakan pembangunan pendidikan dayah menuju kemandirian dayah di Aceh”.[]