Manfaat Sinar Matahari Untuk Tubuh

0

Liputanaceh.com, Jakarta | Mungkin tidak semua orang tahu manfaat sinar matahari untuk kesehatan. Kadang ada mereka yang justru sengaja menghindari sinar matahari karena alasan tidak ingin panas-panasan atau takut kulitnya gelap.

Padahal menurut berbagai pendapat ahli dan studi, paparan sinar matahari yang sesuai dan tidak berlebihan bisa menjaga kesehatan. Salah satunya, karena manfaat sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D yang penting untuk tulang, imun, hingga suasana hati.

“Berbeda dari vitamin penting lain, yang bisa didapat dari makanan, vitamin D hanya bisa diproduksi di dalam kulit lewat reaksi fotosintesis yang dipicu paparan radiasi ultraviolet B (UVB),” tulis peneliti Mark Nathaniel Mead seperti dikutip dari jurnal Environmental Health Perspectives 2008.

Berikut penjelasan manfaat sinar matahari untuk kesehatan, seperti dikutip detikcom dari berbagai sumber:

1. Kurangi risiko depresi

Kekurangan vitamin D disebut-sebut bisa berkaitan dengan gangguan emosi seperti depresi. Beberapa ahli menyebut kemungkinan ini yang jadi alasan kenapa sebagian orang bisa merasa lebih ‘sendu’ di musim dingin atau hujan saat paparan sinar matahari berkurang.

Dikutip dari Healthline, sinar matahari diketahui dapat memicu otak untuk memproduksi hormon serotonin yang mendorong rasa bahagia dan tenang.

2. Tidur nyenyak

Bagi orang-orang yang sering kesulitan tidur di malam hari, coba habiskan waktu lebih banyak di luar ruangan agar terpapar sinar matahari. Menurut peneliti sinar matahari dapat membantu mengatur ritme sikardian atau jam biologis tubuh.

3. Gigi dan tulang kuat

Vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa menyerap kalsium. Kekurangan vitamin D bisa berdampak pada asupan kalsium yang penting untuk kepadatan tulang serta kesehatan rongga gigi tidak bisa dimanfaatkan tubuh dengan baik.

Cukup berjemur selama 15-30 menit untuk bisa mendapat manfaat sinar matahari.

4. Dorong imunitas

Vitamin D juga berperan penting dalam menjaga imunitas tubuh. Beberapa studi melihat vitamin D bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung, influenza, kanker, hingga penyakit auto imun lainnya.