Mantap.! TNI Berhasil Bebaskan Sandera dari TPN/OPM

0
189
Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Foto: Hobbymiliter.com/IST

Liputanaceh.com | Pasukan penyerbu dari tim Komando pasukan Khusus (Kopassus) berjumlah 13 orang yang dibantu pasukan Raider sebanyak 30 orang prajurit yang bertugas membebaskan sandera dari teroris dan pasukan pengacau, berhasil menguasai kawasan Kimbely hanya dalam waktu kurang dari 2 jam.

Seluruh pos-pos pengamanan teroris di kawasan tersebut dikuasai TNI yang juga dibantu dari Tim Taipur Kostrad. Sedangkan para teroris bergerak cepat dan menghilang melarikan diri saat mengetahui pasukan dari TNI yang terdiri dari Kopassus, Raider dan Taipur Kostrad menyerbu.

Usai menguasai medan dan dinyatakan bahwa wilay7ah tersebut sudah aman, kemudian Pangdam melakukan kordinasi dengan Kapolda setempat agar mengirimkan tim evakuasi sandera, yang terdiri dari tim gabungan TNI/Polri.

Sekitar pukul 14.00 waktu setempat, proses evakuasi pun dilakukan dengan jumlah sandera diketahui berjumlah 347 orang yang terdiri dari penduduk pribumi dan warga pendatang. Sementara warga asli setempat memilih tinggal dengan jaminan logistik dan keamanan dari pasukan penyerbu yang tetap tinggal memberikan keamanan bagi warga.

Keberhasilan TNI yang mampu dengan cepat membebaskan sandera ini tentu saja mendapatkan apresiasi dari berbagai kalangan masyarakat. Ketika pasukan dari Polri tidak mampu terjun menguasai medan, ternyata TNI yang berasal dari Kopassus dengan cepat dapat melakukannya tanpa harus melakukan negosiasi sebagaimana dilakukan Polri dengan teroris setempat. (Hidayat Pulo Aceh)