Masih Pandemic Covid-19, Mahasiswa KKN Kelompok 741 Unsyiah Bagi Masker

0
Saat Mahasiswa KKN Unsyiah membagi-bagikan masker dan flyer edukasi kepada masyarakat Gampong Lamreung Lampeneuret kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar.

Aceh Besar | Liputanaceh.com – Mahasiswa KKN Unsyiah membagi-bagikan masker dan flyer edukasi kepada masyarakat Gampong Lamreung Lampeneuret kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar.

Aisyah Muthmainnah, mahasiswa Fakultas MIPA Unsyiah didampingi 3 rekan lainnya, kepada media ini Rabu (01/07/20) menyebutkan, melalui aksi ini, diharapkan mahasiswa memilki peran penuh dalam upaya membantu pemerintah untuk bisa memutus rantai penularan Covid-19, tentunya mahasiswa tidak boleh absen dalam mengambil bagian atas nama kepentingan masyarakat.

Sebelumnya, Mahasiswa KKN Tematik Covid-19 Unsyiah yang berasal dari kelompok 741 juga melaksanakan kegiatan pembagian hand sanitizer, disinfektan, dan pembagian takjil pada momen bulan ramadhan yang lalu untuk menumbuhkan solidaritas dan rasa empati dengan sesama di tengah pandemi Covid-19.

Dalam penilaian kelompok KKN 741 ini, masih disampaikan Aisyah, salah satu kelompok masyarakat yang sangat rentan tertular virus berbahaya itu adalah para masyarakat yang melakukan aktivitas perniagaan dikarenakan kawasan desa ini dekat dengan akses jalan lintas aceh-Sumut. Saat melakukan aktivitas jual beli, pedagang sering tidak menggunakaan masker sehingga potensi penyebaran virus sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Karenanya kelompok pedagang ini menjadi salah satu kelompok yang harus diperhatikan.

Lanjut Aisyah, Kegiatan ini merupakan wujud nyata penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam kondisi sulit seperti ini tidak menghalangi mahasiswa dalam berbuat dan melakukan pengabdian.

“Kegiatan KKN ini dilakukan oleh seluruh mahasiswa Unsyiah yang mengambil Program KKN TEMATIK COVID-19 yang tentunya tersebar diberbagai daerah,” katanya.

“Saat ini, pandemi Covid-19 belum berakhir,” kata Aisyiah. Bahkan menurut data dari website Dinkes Provinsi Aceh, hingga 30 Juni 2020 bertambah 1 lagi warga yang terinfeksi virus corona di Aceh sehingga jumlahnya sudah mencapai 80 orang. Rinciannya, 3 orang meninggal, 26 sembuh, dan 51 orang lagi masih dirawat.

“Semoga apa yang kami lakukan bisa menjadi bagian dari ikhtiar kita bersama untuk mencegah penularan virus covid yang mematikan itu dan semoga bentuk nyata kepedulian kami ini bisa menjadi pantikan semangat bagi masyarakat secara luas dalam kedisiplinan untuk mencegah penularan covid-19,” demikian tutup Aisyah Muthmainnah”