Masyarakat di Imbau Pakai Masker Jika Bepergian

0

kabut-asap-selimuti-pekanbaru

Lhokesumawe – Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lhokseumawe, Muhammad Syifaul Fuad, mengimbau seluruh masyarakat Lhokseumawe, Aceh Utara, dan sekitarnya agar memakai masker jika beraktivitas di luar rumah.

Syifaul Fuad menyampaikan itu lantaran kabut asap di daerah ini sangat pekat dengan jarak pandang hanya 200 meter, Kamis, 3 September 2015.

Tak hanya mengimbau memakai masker, Syifaul Fuad juga mengingatkan masyarakat jika bepergian dengan menggunakan roda dua dan roda empat agar tetap menyalakan lampu utama di siang hari.

“Kita berharap imbauan ini diindahkan oleh masyarakat sebab kabut asap tersebut dapat menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan atau Ispa,” kata Syifaul Fuad.

Diberitakan sebelumnya, BMKG memperkirakan kondisi kabut asap ini akan terus terjadi dua hingga tiga hari mendatang di seluruh wilayah Aceh. “Tapi di akhir September, kondisi ini diprediksi kembali normal dengan prakiraan datangnya hujan yang membuat kabut asap menghilang secara berangsur-angsur,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, terlihat aktivitas di Bandara Malikussaleh, Aceh Utara, lumpuh total, sedangkan masyarakat di sebagian wilayah Lhokseumawe, Aceh Utara dan sekitarnya mulai was-was dengan kondisi kabut asap yang menggganggu aktivitas mereka sehari-hari.