Maulid Perdana Pasar Kembang Tanjung Santuni Anak Yatim dan Doa Bersama

0

PIDIE I Liputanaceh.com– Perkumpulan pedagang  pasar tradisional Kembang Tanjung, Pidie menggelar maulid nabi Muhammad Saw untuk perdana kalinya yang dipusatkan di mushalla pasar setempat, Minggu,(2/2/2020).

Peringatan maulid yang dibarengi santunan anak yatim merupakan inisiatif warga pasar setempat dan setelah bermusyawarah dengan tokoh dan para pedagang setempat.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Abdul Muthalib selaku ketua panitia pelaksana.

“Alhamdulillah, maulid yang dilaksanakan hari ini, (2/2) merupakan maulid perdana yang di laksanakan atas prakarsa para pedagang di pasar Kembang Tanjung dan berjalan sukses dengan kekompakan dan bantuan masyarakat sekitar,” ungkapnya dengan nada bahagia.

Abdul Mutalib mengatakan, kegiatan maulid dan kenduri kedai itu merupakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan meraih keberkahan dari bulan lahirnya Nabi Muhammad SAW

Sementara itu Arif Fadhillah yang juga merupakan panitia pelaksana maulid menyebutkan disamping kenduri maulid juga di adanya santunan anak yatim dan doa bersama.

“Selain kenduri maulid juga panitia menyantuni sekitar 20 anak yatim yang berasal dari gampong Tanjung dan pedagang pasar Kembang Tanjung plus dibarengi doa bersama yang dipimpin tokoh agama setempat,” katanya yang juga Bendahara panitia pelaksana maulid tersebut.

Arif menambahkan lahirnya ide dan gagasan dalam minggu ini dan sebenarnya pelaksanaan maulid juga dalam kondisi dadakan terlebih ini bulan maulid terakhir, namun setelah membentuk panitia dan menghasilkan kesimpulannuntuk digelar maulid plus santunan anak yatim.

“Maulid perdana berjalan sukses atas bantuam dan dukungan semua pihak. Para tamu undangan banyak yang hadir dari berbagai elemen termasuk Muspika setempat dan tokoh masyarakat dan agama,” paparnya.

Sementara itu, Tgk. Sayuthi Nur, S. Sos tokoh agamawan masyarakat setempat menyambut baik apa yang dilakukan para Persatuan  Pasar Kembang Tanjung dan patut diteladani oleh elemen lainnya.

“Apa yang di pelopori para pedagang  di Pasar Kembang Tanjung merupakan perdana dalam catatan pribadi sepanjang sejarah. Bahkan bukan hanya maulid nabi dan zikir juga santunan anak yatim, ini patut diapresiasi dan diteladani pihak lainnya dalam membumikan kebaikan dan perbaikan. Kedepan hendaknya ini menjadi acara rutin tahunan dengan kapasitas yang lebih besar lagi,” pintanya yang merupakan alumni Dayah Tauthiatut Thullab Arongan.