Menteri Susi Kembali Seleksi Calon Pejabat KKP

0

20141118Menteri-Susi1

JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meski sudah melakukan pelantikan pejabat setara eselon I Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), kembali masih akan menyeleksi calon pejabat tinggi lainnya untuk posisi yang belum terisi.

“Pelantikan hari ini belum bisa memenuhi seluruh eselon yang ada yaitu 14 jabatan. Karena itu akan diikuti seleksi tahap berikutnya,” kata Menteri Susi dalam acara pelantikan pejabat tinggi eselon I KKP di Jakarta, Senin.

Menurut dia, mutasi beberapa pejabat yang dilakukannya adalah sebagai upaya penyegaran kinerja kementerian yang sesungguhnya masih bisa untuk lebih dioptimalkan.

Selain itu, lanjutnya, pelantikan dan perombakan tersebut juga bisa dipandang sebagai tuntutan profesionalisme guna mengakomodasi beragam perubahan yang terjadi.

Menteri Kelautan dan Perikanan mencontohkan, anggaran sektor kelautan dan perikanan yang dialokasikan pemerintah guna mengembangkan ekonomi sektor tersebut telah berubah menjadi hampir tiga kali lipat.

Untuk itu, ujar dia, diperlukan pula tuntutan untuk meningkatkan kinerja SDM yang lebih dinamis, perubahan organisasi, serta peningkatan pengalihan aset ke KKP yang dinilai tidak boleh ditunda lagi.

“Saya ingin loyalitas dalam arti positif. Tanpa loyalitas sulit mewujudkan tim yang kompak,” kata Susi Pudjiastuti.

Selain itu, Susi juga masih akan menyeleksi pejabat eselon II dan III yang hasilnya diharapkan dapat diumumkan dalam waktu dekat.

Pada Senin (31/8) ini, Menteri Kelautan dan Perikanan melantik antara lain Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja, Inspektur Jenderal KKP Andha Fauzie Miraza, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto, serta Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan R. Nilanto Perbowo.

Selain itu, dilantik pula Soeseno sebagai Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga, Saut Hutagalung sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya, Achmad Poernomo sebagai Staf Ahli Bidang Kebijakan Publik, Aryo Hanggono sebagai Staf Ahli Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut.

Sedangkan untuk kewenangan Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan yang dulu dijabat Saut Hutagalung dialihkan kepada Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan R. Nilanto Perbowo.

Sementara untuk posisi Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut KKP yang dulu dijabat Sudirman Saad kini dirangkap Sekjen KKP Sjarief Widjaja.

Kemudian posisi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan KKP yang dulu dijabat Achmad Poernomo kini dirangkap Nilanto Perbowo, dan posisi Kepala Badan Pengembangan SDM kini dirangkap Irjen KKP Andha Fauzie. (Antara)