Menteri Yuddy Minta DKI Belajar Pelayanan dari Aceh Singkil dan Sragen

0
268

fe68ae02-24e7-4f5f-9a1e-dc9b47636706_169

JAKARTA – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi memaparkan pentingnya pemerintah daerah menciptakan inovasi untuk pelayanan publik. Yuddy menyebut Jakarta harus bisa belajar dari dua Pemda yang inovasinya diakui dunia, Aceh Singkil dan Sragen.

“Saya ajak bapak ibu punya ide kreatif. Saya harap DKI punya inovasi publik dimulai awal tahun 2016, dengan demikian tiap unit punya inovasi, ide kreatif dan keunggulan dibanding unit lain. Di sisi lain bisa pelajari pelayanan publik di instansi lain yang bisa diterapkan di DKI,” ucap Yuddy Chrisnandi.

Hal itu disampaikan dalam acara ‘Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik Menuju One Agency-One Innovation di Ruang Pola Blok G, Balai Kota, DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (5/11/2015). Hadir Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, lurah, camat dan wali kota se-DKI Jakarta.

Yuddy mengatakan, inovasi pelayanan publik oleh Pemda tiap tahun dilombakan untuk ditentukan inovasi terbaik, kemudian 10 kategori terbaik diajukan di United Nation Public Service Award. Tahun ini, ada dua Pemda yang dapat penghargaan dunia yang diumumkan Juli lalu itu.

“Pertama Kabupaten Aceh Singkil yang jauh dari peradaban modern DKI, tapi dapat penghargaan karena bagaimana dukun beranak dengan dokter bisa bekerjasama dikelola Pemkab. Sehingga tingkat kematian ibu dan bayi yang tadinya ratusan jadi nol,” paparnya.

Kedua, Pemkab Sragen yang mendapat penghargaan karena Bupatinya membentuk Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang khusus mengurus orang miskin di Sragen. Hasilnya tingkat indeks kualitas hidup di Sragen meningkat.

“Orang miskin berkurang sangat pesat dalam 2-3 tahun. Pemkab bisa distribusikan secara tepat sasaran (bantuan Pemkab),” paparnya.

“Saya yakin di DKI banyak hal inovasi pelayanan publik yang belum ditampilkan. Dengan bapak ibu ikut kompetisi inovasi, kita semua bisa saling belajar,” tegasnya. (detik.com)

BAGIKAN

KOMENTAR