Menumbuhkan Qanaah dalam Kehidupan

0

BANDA ACEH | LA – Urgensi dari orang yang menjalankan ibadah puasa adalah menumbuhkan orang itu bertaqwa, Tawadhu’ (rendah hati) dan Qanaah. Hal itu diucapkan oleh Tgk Bustamam MA saat menjadi penceramah di Mushalla Dinas Pendidikan Dayah Aceh pada Kamis (09/05/2019).

Selain Taqwa dan Tawadhu’, dalam hidup selalu diajarkan agar ummat menjadi manusia yang qanaah yaitu ridha (rela) terhadap segala bentuk pemberian Allah yang telah ditetapkan kepada kita, tidak kita hinggapi dengan ketidakpuasan, tidak pula merasa kurang atas apa yang telah di berikan Allah SWT.

“Kita semua harus menjadi pribadi yang Qanaah dalam ucapan, Qanaah dalam prilaku, Qanaah dalam pakaian, Qanaah dalam penglihatan. Siapapun kita, apapun jabatan kita, apapun kedudukan kita, Qanaah sangat penting dalam hidup, Karna kita sama dimata Allah SWT, ujar ketua Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD) itu.

Sebagai seorang mukmin, lanjut Ketua ISAD  manusia harus memperlihatkan Karakteristik keislaman, sebagaimana ibadah Puasa dapat mengantarkan menuju sifat Qanaah.

Tgk Bustamam melanjutkan dalam ceramahnya agar setiap insan mendapatkan gelar Qanaah maka ada 3 fase yang harus dilalui, yaitu, kita harus membersihkan makanan kita dari yang haram, jiwa kita harus bersih, dan bathin kita pun harus bersih, Insya Allah sifat Qanaah akan muncul dengan sendirinya.

“Semoga saja Momentum Ramadhan ini menjadikan kita sebagai hamba-hamba NYA yang Qanaah”.[]