M@PPA Menilai Pimpinan GAM Gagal Mewujudkan Perdamaian

0
506
Perdamaian Aceh
FOTO : ISTIMEWA

BANDA ACEH | Mahasiswa dan Pemuda Peduli Perdamaian Aceh (M@PPA) menilai 10  tahun perdamaian Aceh, pimpinan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) gagal mewujudkan perdamaian yang subtansial dan menyeluruh  bagi rakyat Aceh.

“Mereka yang selama ini sudah punya posisi penting di Aceh telah gagal mewujudkan perdamian,” kata Koordinator M@PPA, Azwar AG, Sabtu, 15 Agustus 2015.

Menurutnya subtansi dari perdamaian itu sendiri adalah adanya rasa keadilan dan kemanusian serta kesejahteraan rakyat khususnya para pihak yang terlibat dalam konflik Aceh yag hampir mncapai 34 tahun.

“Sampai saat ini subtansi dari perdamaian itu sendiri jauh dari harapan,” ujar Azwar.

Menurutnya Pemerintah Aceh di bawah kepemimpinan mantan petinggi GAM selama dua periode terakhir terkesan menutup mata terhadap berbagai problem yang selama ini terjadi di Aceh.

“Itu belum lagi bicara kompensasi yang harus diterima oleh mantan kombatan GAM dan juga mantan tahanan politik (Tapol) seperti mereka yang berhak menerima lahan pertanian,” ungkap Azwar.

Kemudian adanya reintegrasi dan rekonsiliasi yangg seharusnya ini dijadikan sebagai program prioritas. “Tapi malah sangat bertolak belakang dengan semangat perdamaian,” ujarnya.