Muharram Dalam Perspektif Sejarah

0
24

Tanpa terasa kita saat ini telah berada di bulan Muharram. Dalam lireratur sejarah di sebutkan bahwa Muharram merupakan salah satunya bulan yang mempunyai banyak kelebihan dan kemuliaan. Sangat wajar bulan di sebut dengan syahrullah (bulan Allah).

Dalam tataran tarikh Islam, kita juga mengetahui bahwa Muharram adalah bulan pertama dalam Sistem Takwim Hijrah (Hijriah). Pada awalnya, Muharram membawa maksud ‘diharamkan’ atau ‘dipantang’, ini disebabkan iaitu di mana Allah SWT melarang melakukan peperangan atau pertumpahan darah. Namun demikian larangan ini ditamatkan setelah pembukaan Makkah (QS Al-Baqarah: 91).

Sejak pemansuhan itu, umat Islam boleh melaksanakan tugas dan ibadat harian tanpa terikat lagi dengan larangan berkenaan. Rasulullah SAW telah menamakan bulan Muharram sebagai ‘Bulan Allah’ (Syahrullah).

Lantas kenapa dinamakan bulan Muharram. Para ulama dalam hal ini ada beberapa alasan wajah tasmiah (indikator) dinamakan dengan bulan Muharram. Pertama, dinamakan Muharram dari kata haram yang maknanya adalah la rangan, sebagai penegasan terhadap keharaman berperang di bulan ini. Karena dahulu orang-orang Arab mengubah-ubah urutan bulan ini, mereka menghalalkan perang pada suatu tahun kemudian mengharamkan pada tahun berikutnya.

Kedua, dinamakan Muharram karena bulan ini termasuk salah satu dari empat asyhur al hurum (Bulan-bulan haram) yang disinggung dalam surat At Taubah ayat 36 di atas.  Imam Ibnu Katsir –rahimahullah– menyatakan,: “Syaikh Alamuddin As Sakhawi menyebutkan dalam salah satu jilid karya yang beliau kumpulkan, yang beliau beri judul al masyhur fi asma-i al ayyam wa asy-syuhur, bahwa dinamakan Muharram karena bulan ini termasuk bulan haram.

Adapun dinamakan dengan Muharam sebagai penekanan terhadap keharaman berperang di bulan tersebut. Karena kaum Arab dahulu mengubah-ubah urutan bulan ini, mereka menghalalkan perang di suatu tahun lalu mengharamkan di tahun berikutnya” (Tafsir Ibnu Katsir 4:146).

Tentu saja dengan kupasan ringkas ini memberi sedikit pencerahan tentang esensi dan asal usul tentang bulan Muharram yang merupakan bulan pertama dalam kalender Hijriyah.