Nagan Raya Pamerkan Nuansa Islami

0
49

ACEH TIMUR | LA -Selain Perlombaan dan Seminar, MTQ KE XXXIII juga menggelar Pameran bernuansa Islami  yang dipusatkan di Taman Putro Nurul ‘Ala Idi. Sebanyak 23 Kabupaten Kota ikut menancapkan Standnya dengan menampilkan nuansa islami dan berbagai keragaman dan kekhasan daerah masing-masing.

Namun salah satu stand yang banyak menarik minat pengunjung adalah Stand Nagan Raya yang menonjolkan nuansa islami berupa koleksi kitab Al Qur’an kuno yang berusia ratusan tahun silam.

Al Qur’an kuno yang di pamerkan beerbagai macam ukuran besar sampai ukuran palin kecil. Menurut keterangan pimpinan ketua pameran dari kafilaf Kabupaten  Nagan Raya Abdul Kadir yang sekaligus Kadis Syar’iyah Islam Kabupaten Nagan Raya pada media ini dihari ketiga  Selasa,21/11  mengatakan bahwa Al Qur’an kuno peninggalan jaman dahulu ada yang berusia 150 tahun sampai 500 tahun.

“ berbagai Al Qur’an  ini berumur 150 sampai 500 tahun. Bahannya bukan dari kertas melainkan dari daun Iboh(Daun lontar) karena jaman dahulu belum mengenal kertas. Adapau Al Quran kecil berasal dari bahan daun juga yang di olah dengan cara ditumbuk  kemudian menyerupai kertas. Nagan Raya juga memperoleh penghargaan rekor Muri pimpinan Jaya Suprana berupa Koleksi Al Qur’an Kuno terbanyak. Kami memiliki 62 berbagai Al Qur’an Kuno baik yang besar maupun berukuran kecil. Yang terbesar berukuran 50cm x 150 cm tapi tidak ditampilkan disini , sekarang berada di meseum Kabupaten Nagan Raya “ jelas Abdul Kadir.

Selain Al Qur’an Kuno Kabupaten Nagan Raya juga mempamerkan beragam kue khas daerah dan kerajinan batu giok seperti kalung tasbih besar.(z)

 

BAGIKAN

KOMENTAR