Operasi Rencong, Polisi Berlakukan E-Tilang

0
101
Waka Satlantas Polresta Banda Aceh, AKP Syabirin. Foto: Liputanaceh
Waka Satlantas Polresta Banda Aceh, AKP Syabirin. Foto: Liputanaceh
Waka Satlantas Polresta Banda Aceh, AKP Syabirin. Foto: Liputanaceh

Banda Aceh | LA – Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) dari Polresta Banda Aceh, menggelar Operasi Patuh Rencong, yang dilaksanakan di depan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Sabtu 20 Mei 2017.

Dalam operasi tersebut, pihaknya memberlakukan sistem tilang dengan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang melanggar, yaitu dengan cara memberlakukan E-Tilang. “E-tilang ini untuk mempermudah masyarakat yang melakukan pelanggaran, dimana para pelanggar lalulintas dapat langsung melakukan pembayaran denda melalui ATM terdekat,” kata Waka Satlantas Banda Aceh, AKP Syabirin.

Menurut Syabirin, Operasi Patuh Rencong yang digelar Satlantas Kota Banda Aceh lebih melihat kepada pelanggaran umum. “Artinya kita melakukan operasi untuk menindak pelaku pelanggar lalulintas yang tampak seperti tidak memakai helm, spion dan yang lainnya,” jelas Waka Satlantas Syabirin.

Lanjut Syabirin, pelanggarnya pun beragam, ada yang dari tingkat pelajar, mahasiswa, dan orang dewasa. “Kebanyakan pelanggarannya tidak memakai helm dan tidak memakai spion,” sebutnya.

Tidak hanya itu, ada juga sebagian pelanggar yang mengaku ketinggalan sejumlah surat-surat kelengkapan berkendara pada saat mengemudi. “Ada yang ketinggalan SIM (Surat Izin Mengemudi), ada juga yang ketinggalan STNK,” ungkapnya.

Secara hukum, pangemudi yang tidak membawa surat kelengkapan saat berkendara, bisa dilakukan tindakan tilang karena sudah melanggar hukum, namun pihaknya mengaku memberikan keringanan.

“Kalau rumahnya dekat dengan tempat razia, akan kita izinkan mengambilnya, tapi kalau jauh tergantung. Karena secara hukum dia tidak boleh berkendara jika tidak membawa surat kelengkapan, tapi karena kita ada kebijakan, bisa saja diperbolehkan mengambil salah satu yang tinggal,” pungkasnya. (Hidayat)

BAGIKAN

KOMENTAR