Orang Kerdil di Bengkulu Tak Ada yang Perempuan (2)

0
646

menyambangi-kampung-orang-kerdil-di-bengkulu-1-mjwCDv6QvF

BENGKULU – Tidak ada catatan sejarah yang pasti tentang asal-usul munculnya ratusan orang kerdil di Kecamatan Kedurang, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu.

Namun dari informasi di lapangan diketahui bahwa keberadaan orang kerdil di Kecamatan Kedurang berasal dari keturunan Suku Pasma, Provinsi Sumatera Selatan, yang sejak zaman nenek moyang mereka merantau ke sana.

 

Hal itu seperti disampaikan Ketua Kelompok Perkumpulan Orang Kerdil ‘Kedurang Permai’ Yusnadi Irianto kepada Okezone pada Rabu 25 November 2015. Menurutnya, dari cerita orangtua dan nenek moyang terdahulu bahwa tubuh kerdil yang dimiliki dirinya bersama ratusan warga lain merupakan faktor keturunan genetis dari ibu kandung.

Pria pemilik ukuran tubuh sekira 140 sentimeter (cm) ini mengatakan, orang kerdil di Kecamatan Kedurang tidak ada yang berjenis kelamin perempuan. Secara keseluruhan orang kerdil di kampungnya berjenis kelamin pria.

Ditanya mengenai jumlah keturunan orang kerdil di sana, Yusnadi menyatakan tidak mengetahui secara persis. Sebab, orang kerdil di kampungnya sudah ada sejak lama di Kedurang.

”Orang kerdil di sini semuanya pria. Tidak ada yang perempuan. Kami ini keturunan dari gen ibu,” jelas pria jebolan Sarjana Hukum IAIN Bengkulu Tahun 2003 ini.

Ditanya perihal buah hati hasil pernikahan dengan Sri Azizah, ia menjelaskan bahwa anaknya tidak mengikuti gen dirinya. Yusnadi menerangkan, buah hati mereka tumbuh sempurna.

Namun, gen keturunan kerdil nantinya akan menurun kepada anak dari adik atau kakak kandung, dan tidak akan turun kepada mereka lagi.

”Anak saya yang pertama sudah berusia 5,5 tahun. Anak kedua, kembar, berusia 3 bulan. Semuanya berjenis kelamin perempuan. Mereka normal dan tidak mengikuti jejak saya,” imbuh pria yang juga berprofesi sebagai petani ini.

(okezone.com)

BAGIKAN

KOMENTAR