Pakar tata ruang: Jakarta sudah tidak layak huni!

0
269

Pakar Tata Ruang, Yayat Supriyatna menilai Ibu Kota Jakarta sudah tak laik sebagai hunian tempat tinggal. Hal tersebut, lantaran permasalahan yang menderap di Jakarta yang sampai hari ini belum tuntas.

“Kualitasnya sudah di ambang batas dan banyak persoalan besar di sana dan belum diselesaikan oleh pemerintah,” kata Yayat dalam diskusi mingguan Senator Kita di Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/8).

Acara ini terselenggara atas kerjasama DPD RI, merdeka.com, RRI Pro 3, IJTI, IJO, dan IKN.

Sebab tidak layak Jakarta sebagai tempat hunian di antaranya, persoalan macet, kota dengan jumlah penduduk terpadat, biaya hidup mahal, alih fungsi lahan bisnis, rawan bencana dan kecelakaan.

Meskipun begitu, ia mengharapkan pemerintah dapat membentuk Jakarta sebagai kota yang layak huni dan mempedulikan kehidupan masyarakat banyak.

Ia mengatakan melalui proses regulasi yang ketat dalam perizinan pertanahan. Kini, regulasi yang lemah berakibat lahan konservasi dan penghijauan beralih fungsi sebagai pusat bisnis.

Kedua, dengan memberantas mafia tanah dengan pemerintah menyediakan data lengkap dan terbuka tentang informasi tanah tersebut. (Merdeka)