Pangdam IM Terima 12 Pucuk Senjata Api Sisa Konflik

0

BANDA ACEH | LA – Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko menerima dua belas pucuk Senjata Api sisa konflik dari Eks Kombatan yang diserahkan kepada Personel jajaran Kodam IM.

Penyerahan dua belas pucuk senjata secara simbolis tersebut diserahkan di Kediaman Pangdam Iskandar Muda, Rabu 15/05/2019

Dua belas pucuk senjata api tersebut terdiri 6 pucuk Senjata laras panjang Jenis AK 56, 47. 2 pucuk Senjata laras panjang jenis M16. 1 pucuk Senjata laras panjang SS1, Senjata Laras Pendek Pistol 3 pucuk sama dengan 2 pucuk jenis revolper kondisi baik dan 1 pucuk tidak diketahui jenisnya.

Selain itu juga Eks kombatan tersebut juga menyerahkan, Geranat Manggis sebanyak 2 buah, Magazen AK 5 buah, Magazen M16 2 buah, 1 butir munisi GLM, 1 Buah Ranjau, Tabung Pelontar Aktif sebanyak  2 butir, Munisi campuran 455 butir campuran 5,56 dan 7,62.

Pangdam IM, Mayjen TNI Teguh Arif Indratmoko, mengatakan Penyerahan senjata tersebut adalah merupakan keinginan masyarakat secara seketika kepada anggota Kodam IM dan secara formalitas karena senjata ini harus tertampung di Kodam IM, serta menjaga dan merawat perdamaian di bumi Nanggroe Aceh Darussalam.

“Peyerahan senjata ini adalah kesadaran masyarakat karena ini adalah merupakan dari hasil pengalangan terbatas dan komunikasi sosial Kodam IM kepada masyarakat Aceh, dan juga sinergitas antara stakeholder yang ada di aceh dan beserta komponen masyarakat. Proses negosiasi penyerahan senjata selama hampir 2 minggu dari masyarakat ke Kodam IM, ungkapnya.

Tentu tujuannya adalah untuk menciptakan situasi kondusif kondisi di Aceh , kemudian membuat  keyakinan kepada masyarakat bahwa keadaan Aceh nyaman dan aman juga mencegah atau meminimalisir sifat kriminal seperti peredaran narkoba dan sebagainya, ini juga sebagai bukti bahwa saat ini kondisi Aceh benar-benar kondusif terutama untuk investasi, pungkasnya.