Panglima TNI: Prajurit Kami Dilucuti Senjatanya & Tak Melawan

0
493

120504_medium

JAKARTA – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, dua prajurit Denintel Kodam III/Siliwangi yang terlibat baku tembak di Lubuklinggau, Sumatera Selatan pada Jumat 13 November 2015 disertai surat tugas. Saat itu, ada delapan orang di bawah pimpinan Kapten Edi sedang mengejar pelaku pencurian mobil milik Puskopad Kodam III/Siliwangi yang dicuri dan dijual kepada komplotan penadah mobil curian di wilayah Lampung.

“Satuan Denintel Kodam III/Siliwangi telah melakukan langkah-langkah, antara lain membuat laporan kepolisian tentang hilangnya kendaraan tersebut ke Polrestabes Bandung. Kemudian membantu mencari dan melakukan penangkapan terhadap pelaku pencurian mobil tersebut atas nama Yudas di Jalan Otista , Kecamatan Leles, Kabupaten Garut,” ujar Gatot melalui keterangan tertulisnya, Senin (16/11/2015).

Gatot menambahkan, prajurit tersebut sudah berkoordinasi dengan unit Intel Kodim Lubuklinggau, untuk melakukan penjajakan terhadap lokasi keberadaan mobil curian. Dalam pelaksanaan tugasnya, Denintel Kodam III/Siliwangi berhasil menangkap tiga pelaku sindikat pencurian dan penadahan mobil. Di antaranya Herman di daerah Lampung, Edi di Muara Enin, dan Triono yang merupakan pecatan anggota Polri di Prabumulih.

“Bahwa dalam pengembangan untuk menangkap pelaku atas nama Deni, saat melakukan pengendapan sasaran di wilayah Lubuk Linggau, prajurit didatangi lima unit mobil, di kepung dan disergap oleh Buser Muara Enim, dan saat itulah terjadi aksi penembakan oleh anggota Buser terhadap tim TNI dalam posisi tiarap yang mengakibatkan dua anggota TNI luka tembak,” imbuhnya.

Jenderal TNI bintang empat itu menegaskan, bahwa prajuritnya tidak melakukan perlawanan sama sekali saat disergap dan dilucuti senjatanya. “Karena memang sedang fokus melaksanakan tugas dan tidak memiliki latar belakang masalah dengan pihak kepolisian, sehingga semua yang diperintahkan oleh anggota Buser Polres dipatuhi dan di ikuti, tiarap, angkat tangan dan dilucuti senjata sekali pun,” pungkasnya. (okezone.com)

BAGIKAN

KOMENTAR